Ad Code

7 Manfaat Kopi: Inilah Alasan untuk Mulai Minum Kopi Hari Ini


Apa saja manfaat kesehatan dari minum kopi? Banyak, ternyata. Kopi tidak hanya membantu Anda fokus, tetapi juga dapat membantu mencegah penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan bahkan kanker berkat antioksidan dan sifat anti-inflamasi alami yang ditemukan dalam minuman yang luar biasa ini. 

Berikut adalah tujuh manfaat kopi yang paling penting dan mengapa Anda harus mempertimbangkan minum kopi setiap hari.


Meningkatkan kewaspadaan

Apakah Anda membutuhkan dorongan energi ekstra di pagi hari? Jika ya, Anda tidak sendirian. Jutaan orang mengandalkan kopi untuk membuat mereka bersemangat setiap hari.

Faktanya, kopi adalah minuman paling populer di dunia. Dan ada alasan bagus untuk popularitasnya. Kopi mengandung kafein, stimulan alami yang meningkatkan kewaspadaan. 

Kafein bekerja dengan memblokir adenosin, neurotransmitter yang membuat Anda merasa mengantuk. Hal ini meningkatkan kadar dopamin dan menstimulasi sistem saraf, membuat Anda merasa lebih terjaga dan berenergi. 

Kopi tidak hanya membantu Anda bangun di pagi hari, tetapi juga meningkatkan fokus dan konsentrasi Anda.


Meningkatkan daya ingat dan pembelajaran



Baik Anda sedang mengerjakan ujian atau mencoba mengingat nama klien, kopi dapat membantu. 

Kopi meningkatkan daya ingat dan fungsi kognitif dengan memblokir adenosin, neurotransmitter yang mempengaruhi suasana hati dan siklus tidur. Manfaat kopi ini pertama kali ditemukan oleh para ilmuwan pada tahun 1970-an, dan sejak saat itu, banyak penelitian telah menunjukkan bahwa kopi dapat meningkatkan daya ingat dan meningkatkan pembelajaran.

Jadi jika Anda membutuhkan dorongan mental, raihlah secangkir kopi.

Baca juga : khasiat buah naga untuk kesehatan

Membakar kalori

Jika Anda ingin meningkatkan metabolisme Anda dan membakar lebih banyak kalori, kopi adalah tempat yang tepat untuk memulai. Kopi mengandung kafein, yang dikenal untuk meningkatkan tingkat metabolisme Anda. Faktanya, satu studi menunjukkan bahwa kafein dapat meningkatkan tingkat metabolisme Anda hingga 11%. 

Tetapi bukan hanya kafein dalam kopi yang membantu penurunan berat badan. Kopi juga mengandung antioksidan dan senyawa lain yang dapat membantu meningkatkan kesehatan Anda. Misalnya, kopi telah terbukti meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi peradangan. 

Jadi, jika Anda mencari cara sehat untuk menurunkan berat badan, minum kopi mungkin jawabannya.


Bertindak sebagai antioksidan (mencegah penuaan)

Kita semua tahu bahwa kopi memiliki kafein, yang dapat memberi kita dorongan energi yang sangat dibutuhkan. Tetapi tahukah Anda bahwa kopi juga mengandung antioksidan? Ini adalah nutrisi yang membantu mencegah kerusakan sel dan melindungi tubuh kita dari penyakit. Kopi sebenarnya adalah sumber antioksidan terbesar dalam diet Amerika!


Meningkatkan suasana hati



Apakah Anda memerlukan dorongan energi? Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh University of Bath, kopi dapat meningkatkan suasana hati dan kewaspadaan. Jadi jika Anda merasa sedih, cobalah minum secangkir kopi.

Manfaat kopi tidak berhenti sampai di situ! Kopi juga telah terbukti meningkatkan daya ingat, fokus, dan waktu reaksi. Jadi, jika Anda sedang belajar untuk ujian atau mengerjakan proyek, minumlah kopi untuk membantu Anda menyelesaikannya.


Meningkatkan kinerja otot

Apakah anda bekerja dengan otot? Kopi dapat meningkatan kekuatan otot, daya tahan, serta berkurangnya rasa sakit saat olahraga. Hal itu dapat membantu tubuh menjadi lebih kuat selama berolahraga sehingga menghasilkan peningkatan kekuatan otot dan daya tahan yang lebih baik.


Mengurangi resiko diabetes tipe 2

Masalah kesehatan utama yang  mempengaruhi jutaan orang di seluruh dunia saat ini diantaranya adalah diabetes tipe2. Di Indonesia, data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) pada tahun 2018 menunjukkan, sekitar 1,5 persen atau 1 juta orang di Indonesia terdiagnosis diabetes.

Kondisi ini ditandai dengan peningkatan kadar gula darah melebihi nilai normal yang disebabkan oleh resistensi insulin atau berkurangnya kemampuan sel tubuh untuk mengeluarkan insulin.

Ketika berbicara tentang kopi dan diabetes, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui. Kopi dapat membantu mengatur kadar gula darah dan memberikan dorongan energi yang dibutuhkan. Namun, terlalu banyak kopi dapat memiliki efek sebaliknya, jadi penting untuk memoderasi asupan Anda. Produk kopi terbaik adalah yang rendah gula dan lemak.

Baca juga : Yuk kenali berbagai manfaat temulawak

Mengenal berbagai macam tanaman obat untuk kesehatan keluarga

Posting Komentar

0 Komentar