Ad Code

Memancing jamur Tricoderma dengan nasi

 


Memancing Trichoderma dengan nasi - Mengenai apa itu Trichoderma sudah di jelaskan di artikel yang lain. Namun, disini kita jelaskan lagi sedikit tentang apa itu trichoderma.

Trichoderma yaitu jamur yang bersifat parasit terhadap jamur lain. Biasanya jamur jenis ini digunakan sebagai biofungisida pada pertanian yang ramah lingkungan, karena Trichoderma akan menyerang jamur jenis lain yang merugikan tanaman seperti antracnosa, fusarium dan cercospora.

Jamur Trichoderma dapat mencegah busuk akar, busuk pangkal batang, potong leher pada padi dan yang lainnya.

Jamur Trichoderma juga bisa di pakai untuk pembuatan kompos, namun gunakan trichoderma saat kompos sesudah fermentasi agar jamur Trichoderma tidak mati akibat suhu yang tinggi saat proses fermentasi.

Biasanya jamur Trichoderma banyak tumbuh di sekitar tanaman bambu, maka dari itu nanti akan kita gunakan bagian dari bambu sebagai sumber jamur dan nasi sebagai sumber karbohidrat menjadi pancingan perkembangan trichoderma.

Apa saja yang di butuhkan untuk memancing Trichoderma?

  1. Nasi, nasi yang di pakai adalah nasi yang dingin dan tidak basi. Gunakan nasi yang tidak masak sempurna atau seperti nasi yang kekurangan air.
  2. Daun bambu atau akar bambu. Gunakan daun bambu yang belum terkena sinar matahari
  3. Wadah. Wadah di gunakan untuk menaruh dan menyimpan bahan selama proses perkembang biakan trichoderma. Gunakan wadah dari plastik atau kaca agar steril atau bisa juga menggunakan bambu.

  • Siapakan wadah, masukan daun bambu atau akar bambu.
  • Biarkan/tak perlu dicuci akar atau daun bambu yang terkena tanah.
  • Kemudian masukan nasi, nasi bisa di kepal-kepal agar memudah mengambil. Lalu tutup kembali dengan daun atau akar bambu. Anda bisa menambahkan lagi nasi di atasnya, disusun bersaf-saf dan paling atas tutup dengan daun bambu kembali.
  • Kemudian tutup wadah dengan kain hitam lalu simpan ditempat yang dingin dan gelap sekitar seminggu sehingga nasi akan di selimuti jamur. Jamur trichoderma adalah jamur yang berwarna hijau tua.

Untuk menjadikannya agen hayati cair kita bisa menyiapkan bahan tambahan berikut Jamur trichoderma yang sudah jadi tadi, gula atau molase, air kelapa, air cucian beras kemudian campur semua menjadi satu dalam wadah lalu difermentasi selama 1-2 minggu.

Untuk menjadikannya trichoderma padat guanakan tepung beras ketan kemudian disangrai setelah dingin campur rata dengan biang trichoderma tadi lalu masukan kedalam wadah yang kedap udara.

Untuk pengaplikasiannya, kita bisa aplikasikan ke kompos yang setelah melalui proses fermentasi. Bisa juga di semprotkan ke lahan yang akan kita tanami atau di tabur di sekitar tanaman dan juga di semprotkan ke tanaman itu sendiri.

Dari penggunaan biofungisida jamur trichoderma tersebut di harapkan dapat mengurangi ketergantungan kita terhadap produk kimia sintesis.

Pengunaan kimia sintesis seperti pestisida dan fungisida sintetis dapat mematikan banyak mikroorganisme lokal, bahkan mikroorganisme yang membantu tanaman.

Semoga bermanfaat!!!!

Posting Komentar

0 Komentar