Ad Code

9 Manfaat Jintan Hitam Untuk Kesehatan




Jintan hitam juga dikenal sebagai Habbatussauda atau Nigella sativa dan merupakan salah satu jenis tanaman herbal. Mengapa dikatakan sebagai tanaman herbal? Tentu hal ini karena jenis tanaman ini memiliki manfaat yang sangat baik bagi tubuh. Biji tanaman ini bisa digunakan untuk meningkatkan kekebalan atau daya tahan tubuh manusia. 

Tanaman yang berasal dari Asia Barat serta Asia Selatan ini biasanya tumbuh dengan tinggi 30 cm. Bagian yang di ambil dari tanaman ini ialah bijinya yang digunakan untuk masak. Lalu, apakah manfaat jintan hitam untuk kesehatan lainnya? Yuk, simak ulasan berikut!


1. Dapat Menurunkan Kolesterol

Manfaat dari jintan hitam selanjutnya ialah bisa menurunkan kadar kolesterol. Kolesterol merupakan lemak jahat yang biasanya menumpuk di aliran darah. Resiko penyakit jantung akan semakin meningkat jika lemak kolesterol terus menumpuk di alirah darah. Berdasarkan banyak program penelitian, diketahui bahwa minyak dari jintan hitam ini dapat menurunkan kandungan lemak jahat atau LDL total yang ada di dalam tubuh. 

Dibandingkan bijinya, sebenarnya yang lebih efektif untuk menurunkan kolesterol ialah minyak jintan hitamnya. Akan tetapi, meski tidak bisa menurunkan lemak jahat dalam tubuh biji jintan hitam bisa meningkatkan kadar kolesterol baik yang ada di dalam tubuh. 

2. Bisa Melawan Kanker

Habbatusauda atau jintan hitam ini memiliki senyawa yang efektif untuk bisa melawan beberapa jenis kanker seperti kanker paru-paru, kanker serviks, kanker kulit, kanker payudara hingga kanker usus besar. 

3. Memiliki Banyak Antioksidan

Jintan hitam memiliki banyak kandungan antioksidan yang bisa mengatasi radikal bebas. Radikal bebas sangat berbahaya bagi tubuh. Selain itu, senyawwa  antioksidan bisa juga meminimalisir adanya kerusakan oksidatif pada sel. Jenis senyawa ini bisa mencegah adanya berbagai penyakit kronis contohnya adalah diabetes, jantung, kanker hingga obesitas. 

4. Habbatussauda Juga Bermanfaat Untuk Lambung

Masyarakat Indonesia banyak sekali yang memiliki penyakit pada lambung seperti sakit maag. Jika seseorang mengalami sakit maag, maka biasanya akan menimbulkan luka yang terjadi di lambung. 

Terbentuknya luka ini ialah saat asam lambung lebih banyak di lapisan lendir pelindung dimana ini merupakan pelapis perut. Dengan mengonsumsi habbatussauda, maka ini bisa meredakan sakit perut dan kram. Ketika jintan hitam dibuat menjadi minyak, maka ini bisa mengurangi gas hingga perut kembung juga bisa diminimalisir. 



5. Untuk Wanita

Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, ternyata jintan hitam ini juga bermanfaat bagi perawatan kulit yaitu seperti untuk mengurangi jerawat. Minyak jintan hitam yang menjadi bahan dari krim jerawat sebanyak 10% ternyata mampu mengurangi timbulnya jerawat setelah melakukan pemakaian minimal 2 bulan. 

6. Membuat Rambut Menjadi Lembut

Penggunaan minyak pada rambut sering kita dengar dan biasanya menggunakan minyak kemiri. Lalu, bagaimana jika kita mengubahnya dengan menggunakan minyak jintan hitam? Ya, minyak jintan hitam yang di oleskan secara merata pada rambut bisa membuat rambut menjadi lebih lembut. Anda bisa mengoleskannya sebelum keramas.

7. Kulit Pun Bisa Menjadi Lembut

Selain melembutkan rambut, ternyata penggunaan minyak jintan hitam juga dapat dilakukan pada kulit. Kulit yang diolesi minyak jintan hitam ini bisa menjadi lebih lembut dari sebelumnya. Hal ini disebabkan oleh kandungan yang terdapat pada biji jintan hitam. Kandungan tersebut bisa meningkatkan kelembaban serta dapat menghidrasi kulit dengan baik. 

8. Meminimalisir Adanya Psoriasis

Pernahkah anda mendengar psoriasis? Psoriasis ialah sebuah penyakit berupa peradangan pada kulit. Hal ini bisa membuat kulit anda menjadi kering, bersisik hingga munculnya ruam merah. Adapun gejala penyakit ini biasanya adalah rasa gatal yang bisa terjadi di daerah lutut, siku, kulit kepala hingga di bagian punggung bawah. Penggunaan minyak jintan hitam bisa meminimalisir gejala psoriasis yang terjadi pada anda. 

9. Membuat Bakteri Terbunuh

Bakteri tidak baik yang ada dalam tubuh manusia bisa menyebabkan infeksi. Banyak jenis infeksi yang bisa terjadi karena bakteri seperti infeksi telinga bahkan hingga pneumonia. Jintan hitam ini bisa membunuh bakteri tersebut karena ia mengandung sifat antibakteri serta dapat mengobati tubuh. 

Itulah informasi yang bisa kami berikan seputar manfaat jintan hitam untuk kesehatan. Bagaimana? Jangan ragu lagi untuk mengonsumsi jintan hitam untuk kebaikan dan kesehatan tubuh anda yaaa?.. 

Posting Komentar

0 Komentar