Ad Code

Ikan Gabus, Obat Alami untuk Diabetes

 


Ikan Gabus adalah salah satu makanan terbaik yang bisa Anda makan untuk membantu mengontrol diabetes di tubuh Anda. 

Faktanya, banyak orang telah melihat hasil yang fantastis dari makan ikan gabus sebagai bagian dari diet mereka karena tidak hanya membantu Anda merasa kenyang, tetapi juga baik untuk kesehatan dan kesejahteraan Anda secara keseluruhan.

Penyakit diabetes menjadi salah satu penyakit tidak menular paling mematikan di dunia. 

Menurut organisasi kesehatan dunia (WHO) tercatat ada sekitar 1,5 juta kematian di dunia pada tahun 2012. Total secara umum ada 3,7 juta kematian yang berhubungan dengan kenaikan gula darah pada 2012. Celakanya penderita diabetes cenderung terus mengalami peningkatan.



Federasi diabetes internasional memperkirakan penderita diabetes akan meningkat menjadi  592 juta jiwa pada tahun 2035 dari sebelumnya 382 juta jiwa pada tahun 2013. 

Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013 menyebutkan prevalensi diabetes terdiagnosis dokter sebesar 1,5%. Artinya jika penduduk Indonesia 249,9 juta jiwa, maka terdapat sekitar 3,7 juta jiwa yang menderita diabetes.

Pada saat musim pandemi COVID -19, penyakit diabetes menduduki peringakat kedua setelah hipertensi sebagai penyakit penyerta atau komorbid. “dalam keadaan diabetes dan penyakit penyerta, lalu terkena COVID-19, itu menjadi seperti menyiramkan bensin ke dalam api dalam sekam, mudah cepat membakar” kata dr. Johanes Parwoto.

Pakar penyakit dalam sub-spesialis Endokrinologi lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini juga menjelaskan, orang dengan diabetes mengalami gangguan pada sistem imunnya. Bila dia terinfeksi virus salah satunya Sars-CoV-2, maka infeksi akan lebih merajalela pada tubuhnya.

Indonesia yang tergabung dalam wilayah western pasific menurut IDF tahun 2019 menempati peringkat ketujuh di dunia untuk prevalensi penderita diabetes dengan jumlah estimasi  sebesar 10,7 juta (IDF, 2019). Tingkat kematian COVID-19 dengan diabetes 4,6 kali lebih tinggi dibandingkan dengan COVID-19 tanpa diabetes atau Hiperglikemi terkendali  (CNN Indonesia 2020).

Salah satu upaya mengatasi penyakit diabetes melitus adalah dengan mengkonsumsi albumin.  Jika Anda sedang mencari cara alami untuk mengobati diabetes, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk makan ikan gabus. 

Baca : 7 manfaat kopi

Ikan ini kaya akan albumin, protein yang telah terbukti memiliki banyak manfaat bagi penderita diabetes.

Ikan gabus merupakan makanan bergizi yang dapat bermanfaat bagi penderita diabetes. Ikan ini rendah karbohidrat dan tinggi protein. Menurut sebuah studi tahun 2013 yang diterbitkan dalam Journal of Diabetes, makan ikan gabus dapat membantu mengurangi beberapa faktor risiko yang terkait dengan diabetes  Ikan gabus juga mengandung albumin dalam jumlah tinggi, yaitu sejenis protein yang membantu mengatur kadar gula darah.

Selain itu, ikan gabus memiliki sejarah panjang digunakan sebagai obat alami untuk diabetes. Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa makan ikan gabus dapat membantu meningkatkan kontrol gula darah dan mengurangi resiko komplikasi yang terkait dengan diabetes serta mengurangi peradangan. 



Ikan gabus yang mempunyai nama ilmiah Channa Striata adalah sejenis ikan predator yang hidup di air tawar. Ada sekitar 30 spesies yang menjadi kerabat ikan gabus, yang terbagi menjadi  2 genus, yaitu dari Asia (genus Channa) dan Afrika (genus Parachanna). 

Diantara kerabat ikan gabus adalah ikan toman (Channa Micropeltes ).

Ikan gabus yang  kaya akan albumin dan protein namun juga rendah lemak dan karbohidrat  telah terbukti memiliki banyak manfaat bagi penderita diabetes, termasuk meningkatkan kontrol gula darah. Ikan gabus telah digunakan di Indonesia selama berabad-abad sebagai obat alami diabetes Mellitus.

Ikan gabus juga mengandung vitamin B12 tingkat tinggi, yang penting untuk berfungsinya pankreas. Selain itu, ikan ini kaya akan asam lemak omega-3, yang telah terbukti meningkatkan sensitivitas insulin dan membantu menurunkan kadar gula darah.

Albumin adalah protein yang membantu mengatur kadar gula darah. Ikan gabus juga mengandung banyak lemak sehat yang membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. 

Telah diamati bahwa ketika orang mengonsumsi asam lemak, sensitivitas insulin mereka meningkat secara signifikan, dan ini mengarah pada penurunan kadar gula darah.

Orang yang menderita diabetes harus memasukkan ikan gabus ke dalam makanan mereka sesering mungkin karena nilai gizinya, efeknya dalam mengelola diabetes, dan karena telah diamati dapat meningkatkan sensitivitas insulin.

Albumin juga merupakan sumber asam amino esensial yang baik, yang diperlukan untuk fungsi sel yang tepat. Ikan gabus juga rendah lemak dan kalori, menjadikannya pilihan makanan sehat bagi penderita diabetes. 

Penggunaan albumin ikan gabus tentu lebih ekonomis dibanding dengan infus albumin.

Ikan Gabus dengan kandungan albuminnya tidak hanya ampuh mengatasi diabetes, luka karena diabetes pun bisa cepat diatasi. Ketika kadar albumin dalam darah relatif rendah berdampak pada penimbunan cairan dalam jaringan (edema), misalnya bengkak di kedua kaki.

Fungsi albumin antara lain yaitu mengangkut molekul kecil melewati plasma dan cairan sel. Aktivitas itu berkaitan dengan bahan metabolisme seperti asam lemak bebas, bilirubin dan berbagai obat yang kurang larut dalam air, tetapi harus diangkut melalui darah.

Posting Komentar

0 Komentar