Ad Code

Langkah dan Cara Mudah Budidaya Pisang


Di era modern ini, bisa dikatakan salah satu profesi yang banyak di gandrungi adalah menjadi pengusaha, wirausahawan dan sejenisnya. 

Memiliki usaha pribadi memang menjadi dambaan karena kita bisa mengatur sendiri keuangan serta manajemennya. Salah satu peluang usaha yang ada di Indonesia tentu menjadi petani atau pekebun. Jangan pernah menganggap remeh profesi ini karena pada kenyataannya sumber makanan yang ada juga bukan tanpa campur tangan mereka. 

Dengan potensi bercocok tanam yang cukup baik di Indonesia, maka melakukan budidaya pisang bisa menjadi salah satu bentuk usaha yang kamu pilih. Ingin tahu bagaimana potensi, jenis serta cara atau langkah budidaya pisang yang mudah? Yuk, simak ulasan berikut!


Potensi Pisang

Jenis-Jenis Pisang
Cara Budidaya Pisang

  1. Sediakan tempat yang memiliki kelembaban tinggi karena pisang menyukai tempat demikian untuk pertumbuhan yang lebih baik. Anda juga harus memastikan bahwa lokasi tersebut dapat terkena sinar matahari penuh dan cukup hangat. Lokasi yang dingin bisa membuat pertumbuhan pisang menjadi terhambat. Tanaman pisang tidak boleh berada pada lokasi yang memiliki suhu di bawah 20 derajat. 
  • Lokasi penanaman harus berada pada lokasi yang cukup atau sedikit luas. Selanjutnya pada lokasi penanaman tersebut anda bisa membuat lubang dengan ukuran 30 cm dan kedalaman 30 cm pula. 
  • Jika lubang sudah tersedia, maka anda bisa memasukkan bibit pisang ke dalam tanah dan menyiramnya dengan air yang cukup banyak. 
  • Ketika tanaman mulai tumbuh, anda bisa mencari dahan-dahan yang mati dan memotongnya supaya bisa bertumbuh dengan baik.
  • Untuk sampai pada pohon yang berbuah, anda perlu menungu mulai dari 3 hinga 4 bulan. Jika pisang sudah berbuah maksimal, jangan lupa untuk memotong jantung pisangnya untuk pertumbuhan yang maksimal. 
  • Buah pisang yang berwarna hijau perlu di lindungi dengan kantong plastik. Kantong ini memiliki fungsi untuk mencegah serta melindungi pisang dari berbagai hama dan penyakit. Anda harus memastikan bahwa ujung plastik harus terbuka supaya buah tetap memiliki atau mendapatkan aliran udara yang baik. 
  • Jika bunga serta daun-daunnya mulai mati serta mengering, segeralah panen buah pisang anda. Anda juga perlu memastikan kematangan pisang melalui warna buahnya. Warna buah pisang yang sudah matang memiliki warna kuning serta terdapat titik-titik gelap. 

Mengapa pisang memiliki potensi yang besar untuk dibudidayakan? Hal ini tentu tidak lepas dari banyaknya minat masyarakat terhadap jenis buah yang satu ini. Sama seperti buah pada umumnya, pisang memiliki banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsinya. 

Ada banyak kandungan nutrisi yang bisa kamu dapatkan dari buah sederhana ini. Adapun kandungannya ialah memiliki karbohidrat sebesar 23 gram per 100 gram pisang. Bagi mereka yang senang berolahraga, pisang menjadi pilihan favorit karena bisa memberikan mereka energi ketika sedang berolahraga. Selain itu, pisang juga memiliki kandungan serat yang cukup tinggi dimana semakin matang maka serat tersebut akan menjadi gula. Hal ini terlihat pada munculnya warna kehitaman pada pisang. 

Dengan kandungan serat yang tinggi, maka tidak heran bahwa ia menjadi buah andalan untuk berbagai masalah pencernaan. Contohnya adalah ketika feses anda sangat keras, maka pisang bisa membantu untuk membuatnya lebih lembek dan bisa membuang racun yang ada dalam tubuh. 

Untuk mengatasi sembelit, anda juga bisa mengkombinasikannya dengan minum yoghurt. 

Ketika kita berjalan ke pasar dan bertemu dengan penjual pisang, maka mereka akan menawarkan beragam macam jenis pisang yang tentu memiliki fisik dan kualitas yang berbeda. 

Adapun jenis-jenis pisang yang ada di Indonesia ialah seperti pisang ambon, pisang kapok, pisang raja, pisang mas, pisang nangka, pisang Cavendish, pisang susu, pisang tanduk serta pisang uli. Bagaimana? Tidak asing bukan dengan berbagai jenis pisang tersebut?


Tertarik untuk melakukan budidaya pisang? Yuk, simak langkah-langkah berikut ini!

Itulah informasi yang bisa kami berikan seputar langkah dan cara mudah untuk budidaya pisang. Bagaimana tertarik untuk budidaya pisang? Lakukan dan siapkan mulai dari sekarang. 

Posting Komentar

0 Komentar