Ad Code

Cara membuat ZPT (Zat Pengatur Tumbuh) alami paling joss. Pupuk Organik cair dari rebung


Membuat pupuk organik dari rebung, JeramiFarm - Tunas bambu atau biasa disebut rebung biasa di buat sayur, ternyata juga bermanfaat bagi petani yaitu sebagai pupuk organik. Penggunaan pupuk organik dari rebung menunjukan perubahan yang signifikan terhadap pertumbuhan tanaman.

Manfaat rebung dalam pertumbuh tanaman adalah sebagai  ZPT (zat perangsang  tumbuh) masa vegetatif, berpengaruh pada pertumbuhan akar, tunas daun, dan batang serta dapat di gunakan sebagai dekomposer. Dalam rebung mengandung hormon giberelin yang berguna sebagai ZPT tersebut, dan juga terdapat kadar protein dan C-organik yang tinggi.

protein yang di temukan dalam bambu terdiri dari 17 asam aminoesensial dan 2 asam anmino semi esensial. Mol rebung sendiri juga berfungsi sebagai pengendali penyakit jamur yang menggangu tanaman.

Rebung mempunyai  banyak kandungan vitamin seperti vitamin A, B kompleks, E thiamin, riboflavin, niasin, asam folat dan juga asam pantotenat, maka tak jarang masyarakat kita terutama memvaforitkan rebung sebagai menu sayuran.

Selain itu rebung juga mengandung mineral yang baik untuk pertumbuhan, diantaranya kalsium (Ca), fosfor (P), Kalium (K), Natrium (Na), Magnesium (Mg), seng (Zn), tembaga (Cu), mangan (Mn), Zat besi (Fe) dan selenium (se)

Setelah kita tahu manfaat dan kandungan dalam rebung, saatnya kita menyiapkan untuk proses pembuatan mol rebung

Bahan:

1.       Rebung  5 kg.

2.       Air leri/ air cucian beras 10 liter

3.       Air kelapa 10 liter

4.       Molase atau air gula 2%

Proses pembuatan:

·   1.  Cacah atau hancurkan rebung hingga sekira halus,usahakan jangan gunakan logam apalagi berkarat sebagai alat cacah, dan juga usahakan rebung bersih dari kotoran.

·  2. Taruh di wadah yang siap di gunakan, jangan terbuat dari logam.

·    3.  Masukan semua bahan lalu aduk hingga bercampur semua.

·   4.  Tutup rapat wadah, jangan sampai ada udara yang masuk.

·   5.  Buka dan aduk serta tutup kembali setiap hari selama proses fermentasi, di perhatikan kalau udara di dalam penuh, segera buka tutup wadah karena bisa menyebabkan ledakan akibat tekanan udara dari dalam.

·   6.  Tunggu sekitar 3 minggu baru bisa di gunakan atau sampai tidak ada lagi udara yang menekan, proses fermentasi semakin lama semakin bagus.

·  7.  Ambil dan saring mol yang akan di gunakan, lalu tutup kembali hingga rapat.

Proses fermentasi berhasil apabila baunya harum seperti bau tape, namun bila baunya tidak sedap maka dimungkinkan selama proses fermentasi terjadi kebocoran atau fermentasi gagal.

Gunakan pupuk organik rebung secukupnya, cukup 2 gelas air meneral dalam 1  tangki.

Semoga bermanfaat !!

Posting Komentar

0 Komentar