Ad Code

Cara Menanggulangi Hama Wereng

Dalam dunia pertanian kita tidak mungkin terbebas dari yang namanya hama. Hampir setiap tanaman memiliki hama masing-masing tidak terkecuali juga tanaman padi. 

Salah satu hama dari tanaman pada ialah wereng. Wereng sendiri ialah salah satu jenis serangga dimana ukurannya hanya sekitar 1 butir beras. 

Penyebaran hewan ini cukup cepat dan ganas pada tanaman padi sehingga cukup sulit juga untuk di berantas karena ia bisa bertengger di panggal daun padi. Jenis hama ini termasuk golongan serangga penghisap dimana ia termasuk pada ordo Hemiptera atau kepik sejati dan termasuk pada sub ordo fulgoromorpha. 

Lalu, seperti apakah jenis-jenis wereng dan cara menanggulangi hama wereng? Yuk, simak ulasan berikut!

Jenis-Jenis Hama Wereng

Hama wereng memiliki berbagai macam jenis diantaranya ialah sebagai berikut:

  1. Wereng Cokelat: Jenis wereng pertama ialah wereng cokelat yang memiliki nama ilmiah Nephotettix spp. Ia merupakan serangga kecil dengan warna cokelat dan biasanya menjadi penyerang serta bisa membuat buah padi yang baru muncul musnah begitu saja. Penyebaran serta perkembangbiakannya tergolong cukup cepat serta memiliki daur hidup yang pendek. Ia juga memiliki daya serang yang cukup ganas sehinga perlu diperhatikan perkembangannya.
  2. Jenis Wereng Hijau: Selanjutnya adalah wereng hijau yang memiliki nama ilmiah Nilaparvata Lugens yaitu seranga yang memiliki ukuran sebesar beras. Ia biasanya menetas pada pelepah daun padi serta memiliki jangka waktu penetasan yaitu selama 6 hari. Ia melakukan penyerangan pada daun untuk melakukan pengambilan cairan daun sehingga bisa menyebabkan daun padi menjadi kering. 
  3. Wereng Punggung Putih: Adapun jenis hama wereng selanjutnya adalah wereng punggung putih yang memiliki nama ilmiah Sogtella furcifera. Ia memiliki tubuh yang cukup kecil bahkan lebih kecil dari butiran padi. Ia bekerja dengan menghisap batang padi, jagung hingga rumput-rumputan dan membuatnya menjadi mongering. 

Cara Menanggulangi Hama Wereng

Setelah kita memahami berbagai jenis hama wereng, kini saatnya kita mengetahui bagaimana cara menanggulangi hama wereng. 

Kali ini informasi yang kita berikan ialah tentang bagaimana cara menanggulangi hama wereng secara alami. Sebenarnya sudah banyak obat kimia yang beredar serta bisa digunakan untuk menanggulangi hama wereng. 

Anda bisa menemukannya dengan mudah ketika sedang berada di toko obat atau toko pertanian. Namun, yang namanya obat kimia pasti memiliki efek samping yang negative. Terlebih padi biasanya diolah menjadi beras dan menjadi makanan pokok manusia. 

Dengan cara yang alami, maka efek samping pada manusia akan rendah bahkan daun padinya pun juga aman jika digunakan untuk pakan ternak. Selain efek samping, penggunaan cara yang alami ini bisa menekan biaya sehingga anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang cukup besar sebesar pembelian obat kimia. 

Bahan dan alat yang diperlukan sangat mudah dicari sehingga akan memudahkan anda untuk menanggulangi hama wereng. Apa sajakah bahan yang diperlukan? Anda hanya membutuhkan Nira serta air yang dicampur. 

Anda pasti sudah pernah mendengar Nira bukan? Nira atau yang biasa disebut sajeng ini merupakan air dari bunga kelapa yang memiliki rasa manis serta biasanya dijadikan bahan utama pada pembuatan gula kelapa atau gula merah. Lalu bagaimana cara membuatnya?

  • Pertama anda perlu mencampur kedua bahan yaitu air dan nira dengan perbandingan 2:1. Anda bisa menggunakan 2 liter air ditambah dengan 1 liter nira.
  • Aduk hingga merata. Kemudian semprotkanlah pada tanaman padi yang mulai terkena wereng serta tanaman padi yang belum terkena sekalipun. Hal ini penting untuk menekan pertumbuhan wereng pada tanaman padi anda. 

Secara logika, cara kerja dari cairan ini adalah wereng bisa menempel serta kaku pada zat gula yang ada pada Nira karena lengket. Hal ini bisa membuat wereng berdiam diri dan tidak bisa melakukan pergerakan. 

Itulah informasi yang bisa kami berikan seputar cara menanggulangi hama wereng. Bagi anda yang membutuhkan informasi lainnya seputar dunia pertanian dan peternakan, jangan lupa untuk mengunjungi berbagai informasi dari kami hanya di Jeramifarm. 

Posting Komentar

0 Komentar