Ad Code

Apakah Kayu Manis Menurunkan Gula Darah?



Beberapa penilitian menyatakan bahwa kayu manis telah dapat menurunkan kadar gula darah puasa. 

Kayu manis meningkatkan aksi insulin untuk memindahkan gula darah dari aliran darah ke dalam sel-sel. 

Kayu manis membantu melambatkan laju pengosongan makanan dari lambung. Hal ini membantu menghindari lonjakan gula darah setelah makan.

Beberapa ahli gizi dan peneliti telah memberikan pandangan mereka mengenai efek kayu manis terhadap gula darah. Berikut ini adalah ringkasan pandangan mereka: 

1.    Jennifer Katz, seorang ahli gizi dengan pengalaman 31 tahun di Amerika Serikat, menyatakan bahwa kayu manis telah terbukti dapat menurunkan kadar gula darah puasa.  Kayu manis meningkatkan aksi insulin untuk memindahkan gula darah dari aliran darah ke dalam sel-sel. Selain itu, kayu manis juga membantu melambatkan laju pengosongan makanan dari lambung, sehingga membantu menghindari lonjakan gula darah setelah makan. 

2.    Mantwa Radebe,M.Sc. In Nutrition seorang ahli gizi dengan pengalaman 12 tahun di Afrika Selatan, mengatakan bahwa kayu manis telah terbukti menurunkan kadar gula darah. Hal ini terjadi ketika kayu manis meniru efek insulin dan meningkatkan transportasi glukosa ke dalam sel-sel, sehingga membuat insulin lebih sensitif dalam memindahkan glukosa ke dalam sel-sel.

3.    Aparna Nemalikanti, M.Sc. Clinical Nutrition & Dietetics, seorang ahli gizi klinis dengan pengalaman 10 tahun di India, menjelaskan bahwa kayu manis kaya akan polifenol yang dapat menurunkan kadar gula darah puasa. Selain itu, kayu manis juga membantu menurunkan tekanan darah, kolesterol, dan berat badan berlebih. Kayu manis dapat ditambahkan ke dalam teh bersama dengan rempah-rempah lainnya dan dikonsumsi di pagi hari.

4.    Ponna Geethanjali, M.Sc. Dietetics in Food Service Management, seorang ahli dietetika dengan pengalaman 9 tahun di India, menyebutkan bahwa kayu manis dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan melawan diabetes dengan meniru efek insulin dan meningkatkan transportasi glukosa ke dalam sel-sel. Selain itu, kayu manis juga dapat membantu menurunkan kadar gula darah dengan meningkatkan sensitivitas insulin, sehingga insulin lebih efisien dalam memindahkan glukosa ke dalam sel-sel. Ekstrak kayu manis dapat mengaktifkan kinase reseptor insulin dan menghambat fosfatase reseptor insulin sebagai peningkat fungsi reseptor insulin dan penghambat enzim yang menghalangi penempelan reseptor insulin.

5.    LucĂ­a Ramos, seorang ahli gizi dengan pengalaman 8 tahun di Argentina, mengatakan bahwa tidak ada cukup bukti ilmiah yang cukup untuk menyatakan bahwa kayu manis dapat menurunkan kadar gula darah. Jika kadar gula darah Anda di atas batas normal, sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter dan ahli gizi Anda serta ikuti petunjuk yang mereka berikan.

6.    Carolina Castro, seorang calon PhD (Layanan Kesehatan), Nutrisi Klinis Fungsional Pascasarjana, dengan pengalaman 7 tahun di Australia, menjelaskan bahwa meskipun telah dilakukan banyak penelitian, masih belum jelas apakah kayu manis membantu menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes. Kemungkinan kayu manis dapat membantu tubuh menggunakan insulin dengan lebih efisien, namun diperlukan penelitian lebih lanjut untuk menentukan apakah dan bagaimana suplemen kayu manis dapat membantu penderita diabetes.

 

Selain pandangan para ahli di atas, ada beberapa tambahan pandangan yang perlu dipertimbangkan:

 

7.    Felicitas Bouche Ocampo, seorang profesor nutrisi dengan pengalaman 5 tahun di Argentina, menyebutkan bahwa beberapa penelitian menyebutkan kayu manis memiliki sifat pengaturan gula darah yang berpotensi bermanfaat bagi penderita diabetes tipe 2.

Namun, masih sedikit penelitian yang dilakukan mengenai topik ini, dan penderita diabetes tipe 2 sebaiknya tidak menggunakan kayu manis sebagai satu-satunya strategi pengendalian glukosa. Penderita diabetes tipe 2 sebaiknya menggunakan kombinasi diet seimbang, olahraga, dan jika perlu, obat-obatan (sesuai dengan saran tenaga medis) untuk menjaga kadar glukosa tetap terkendali.

 

8.    Janel Reeves, M.Sc seorang ahli sains gizi dengan pengalaman 4 tahun di Amerika Serikat, menyebutkan bahwa beberapa penelitian menunjukkan adanya hubungan antara kayu manis dan gula darah, meskipun belum definitif.

Menambahkan kayu manis ke dalam diet tidak akan menggantikan gizi yang buruk secara umum bagi individu yang menderita diabetes, tetapi dapat membantu menurunkan kadar gula darah.

 

9.    Jasmine Lee,M.Sc seorang ahli sains kesehatan dan nutrisi dengan pengalaman 4 tahun di Kanada, menjelaskan bahwa kayu manis dapat membantu menstabilkan atau menurunkan kadar gula darah.

Kayu manis juga dapat membantu menurunkan kadar lipid darah LDL, yang juga bermanfaat. Meskipun masih ada kesenjangan dalam penelitian, penggunaan kayu manis dalam jumlah sedang tidak memiliki risiko atau kerugian yang signifikan.

 

10. Christos Sittas,M.Sc.seorang ahli gizi dengan pengalaman 3 tahun di Inggris, menjelaskan bahwa kayu manis memiliki sifat pengendalian glikemik dengan meningkatkan sensitivitas insulin, sehingga membantu dalam pengiriman glukosa ke berbagai sel tubuh.

 

11. Barbara Cronje, seorang ahli gizi dengan gelar magister dalam nutrisi kesehatan masyarakat dengan pengalaman 3 tahun di Afrika Selatan, menyebutkan bahwa kayu manis dapat menjadi cara yang baik untuk menambah cita rasa pada makanan, namun hanya ada bukti anekdotal bahwa kayu manis dapat menurunkan kadar gula darah.

Kayu manis adalah polifenol yang kuat yang memiliki efek antiinflamasi, dan oleh karena itu, bermanfaat untuk dimasukkan ke dalam diet. Penting bagi pasien yang menderita diabetes untuk memperhatikan jumlah karbohidrat yang berasal dari porsi makanan mereka dan mengadopsi gaya hidup sehat dengan kombinasi pengobatan untuk mencapai pengendalian glikemik yang optimal.

 

Meskipun ada beberapa pandangan yang menyebutkan manfaat kayu manis dalam menurunkan gula darah, belum ada kesepakatan yang jelas di antara para ahli.

Oleh karena itu, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi sebelum mengambil keputusan terkait penggunaan kayu manis sebagai strategi pengendalian gula darah.

Adopsi pola makan seimbang, olahraga teratur, dan pengobatan yang sesuai tetap menjadi faktor utama dalam menjaga kadar gula darah tetap terkendali bagi penderita diabetes.


Posting Komentar

0 Komentar