Ad Code

9 Manfaat dan Rahasia Minyak Wijen bagi Kesehatan

 

Di korea selatan di ketahui banyak makanan khasnya yang menurut badan pangan dunia menjadi bagian makanan paling sehat di dunia, salah satunya adalah kimchi. Namun bukan itu saja, banyak masyarakat korea selatan begitu menyukai minyak wijen baik sebagai bumbu masakannya atau atau olahan lainnya.

Bukan saja untuk penambah kenikmatan rasa sebuah masakan, wijen juga menyimpan segudang manafaat bagi kesehatan.

Meskipun ukurannya yang kecil wijen menyimpan banyak serat yang baik untuk pencernaan. Dan juga minyak wijen di ketahui kaya akan protein, kandungn protein dari minyak wijen sekitar 20%.

Didalam minyak wijen terdapat  kalori dan berbagai nutrisi penting.  Dari wijen sendiri terdapat vitamin A, vitamin B, vitamin D, kolin, antioksidan seperti sesamin dan flavonoid. Kandungan lainnya adalah air, protein, lemak, karbohidrat komplek, serat, kalsium, zat besi, magnesium, zinc, fosfor, kalium, selenium dan folat.

Selain kandungan serat dan protein, minyak wijen mempunyai banyak manfaat yang tidak kalah penting. Beberapa khasiat minyak wijen adalah sebagai berikut

Mencegah kanker

Dalam biji wijen terkandung magnesium dan phytate yang bersifat antikanker. Menurut American Journal of Clinical Nutrition resiko tumor usus besar menurun sampai 13 persen dan resiko kanker usus besar menurun sampai 12 persen untuk asupan 100 miligram magnesium. Maka dari itu wijen adalah salah satu penyedia magnesium alami yang baik bagi tubuh.

Tekanan darah terjaga

Magnesium bukan saja bermanfaat sebagai antikanker, namun juga dapat menurunkan tekanan darah. Untuk anda yang menderita tekanan darah tinggi dapat mengkonsumsi minyak wijen agar supaya tekanan darah lebih stabil

Kesehatan jantung

Dalam minyak wijen mengandung  zat yang bersifat antioksidan dan antiinflamsi yaitu kandungan zat sasamol. Kandungan ini dapat membantu mencegah gejala aterosklerosis (penyempitan dan pengerasan pembuluh darahyang memicu penyakit jantung koroner)

Selain itu, kandungan lain dari minyak wijen adalah fitosterol dan lignan, kandungan yang dapat yang dapat menekan produksi kolesterol, sehingga kandungan kolesterol dalam darah pun dapat terjaga. Dengan terjaganya kolesterol dalam darah secara tidak langsung akan menjaga kesehatan jantung.

Menghindarkan resiko diabetes

American Journal of Cinical Nutrition dalam risetnya menemukan bahwa minyak wijen dapat meningkatkan efektifitas obat diabetes oral. Minyak wijen juga membantu meningkatkan plasma glokusa pada dibetes hipersensitif.  

Kandungan serat, kabohidrat  kompleks, antioksidan dan juga aneka vitamin serta mineral yang terdapat pada wijen dapat mengontrolkdar gula dalam darah.

Menguatkan tulang

Ada kandungan lain dalam minyak wijen yang bermanfaat bagi tulang yaitu zinc atau zat seng. Kandungan inilah yang dapat meningkatkan kepadatan mineral pada tulang. 

Dan dalam takaran yang sama, wijen bahkan mempunyai kandungan kalsium yang lebih banyak dari pada kandungan kalsium pada susu. Ya, seperti kita kenal bahwa kalsium adalah mineral penting bagi kesehatan tulang. Asupan kalsium yang dibarengi zat seng dapat membantu terhindar dari resiko osteoporosis.

Untuk area mulut.

Minyak wijen bermanfaat untuk menjaga kesehatan area mulut, diantaranya gigi. Berkumurlah dengan minyak wijen untuk membantu membersihkan bakteri pada gigi dan mulut. Bahkan jika rutin menggunakan minyak wijen untuk perawatan dapat membantu menghilangkan plak gigi. 

Minyak wijen memiliki kandungan seperti  fosfor, magnesium, kalium  dan zinc yang bagus untuk kesehatan gigi dan juga bagus untuk kesehatan tulang.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Minyak wijen mengandung zinc, selenium, magnesium, folat, zat besi , antiosidan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan daya tahan tubuh yang kuat, maka tubuh  kita tidak mudah terserang  dari berbagai penyakit.

Meredakan nyeri

Dalam minyak wijen terdapat kandungan antiinflamasi yang berguna meredakan peradangan penyebab nyeri sendi, gigi dan juga haid. Selain itu juga mampu merdekan nyeri artritis atau peradangan yang terjadi pada persendian. manfaat lainnya dari minyak wijen juga dapat menyembuhkan luka pada kulit.

melindungi kulit dari sinar matahari dan kesehatan rambut

antioksidan pada minyak wijen dimungkinkan dapat melindngi kulit dari efek sinar matahari. minyak ini di yakini dapat menangkal 30% sinar ultraviolet, lebih banyak daripada minyak kelapa atau  minyak zaitun yang hanya sekitar yang hanya 20%.

Selain untuk kesehatan kulit, minyak wijen juga mempunyai kandungan sesamin dan vitamin E yang baik untuk kesehatan batang rambut sehingga tampak kuat dan berkilau.

Namun perlu di ingat, di balik kandungan dari minyak wijen yang kaya manfaat ada sebuah keyakinan bahwa wijen tidak baik di konsumsi oleh ibu hamil karena di yakini dapat menggugurkan kandungan. Dan juga minyak wijen dapat menimbulkan reaksi alergi berupa gatal, batuk serta gangguan pencernaan.

Nah, itulah tadi ulasan mengenai manfaat minyak wijen untuk kesehatan, dimana mengkonsumsi minyak wijen menjadi bagian keseharian sebagian orang selain sebagai penyedap masakan juga berguna bagi kesehatan. Semoga kita semua terjaga kesehatannya dan terhindar dari berbagai penyakit.

 

Posting Komentar

0 Komentar