Ad Code

9 Macam Khasiat Buah Naga Untuk Kesehatan


Buah naga seringnya dikenal dengan jenis buah yang unik. Bagaimana tidak jika bentuknya yang lucu mirip seperti kulit naga. 

Terdapat beberapa varian buah naga yaitu varian putih dengan rasa yang sedikit masam dan ada yang berwarna nila atau ungu kemerahan dengan rasa yang lebih manis. Rasa buah naga yang enak dengan bentuk yang menarik pastinya sangat menarik di konsumsi bukan? Selain enak di makan, ternyata ia memiliki manfaat yang cukup banyak loh. 

Apa saja khasiat buah naga untuk kesehatan? Yuk, simak ulasan berikut!

Sebagai Sumber Zat Besi

Bagi anda yang membutuhkan zat besi, mengonsumsi buah naga bisa menjadi alternatif. Hal ini dikarenakan setiap seratus gram buah naga ternyata bisa mengandung 1,9 miligram zat besi atau sebanding dengan 11 persen dari total kebutuhan harian orang dewasa. Bagi anak kecil, buah naga juga bagus untuk diberikan karena ia bisa menunjang tumbuh kembang serta dapat meningkatkan kecerdasan. 

Kandungan Cairan

Pohon buah naga mirip sekali dengan kaktus yang hidup di daerah yang kering. Meski hidup di daerah yang kering, ternyata buah naga memiliki kandungan cairan yang sangat tinggi. Sehingga buah yang satu ini bisa anda manfaatkan untuk mencegah adanya dehidrasi serta ketika anda mengonsumsinya maka anda akan mendapatkan manfaat berupa sensasi segarnya buah naga. 

Banyak Vitamin C

Jika wortel memiliki kandungan vitamin C yang juga cukup banyak, ternyata buah naga justru memiliki kandungan vitamin C 3x lebih banyak di banding wotel. Adapun fungsinya adalah untuk menjaga daya tahan tubuh, kebugaran tubuh, kesehatan kulit, mempermudah pencernaan dan lain sebagainya. Setiap buah naga dengan berat 100 gram maka terdapat 21 mg vitamin C. Ukuran tersebut adalah 34% dari persen kebutuhan orang dewasa terkait vitamin C. 

Kandungan Serat

Adapun khasiat buah naga ke empat adalah adanya kandungan serat sebanyak 7 gram dalam sekali sajian. Jumlah serat yang dimiliki wanita adalah 25 gram sedangkan laki-laki adalah 38 gram. Jika anda ingin memenuhi kebutuhan serat dengan makanan yang enak, ringan dan lezat tentu anda bisa memilih buah naga sebagai alternatifnya. 

Kesehatan Jantung

Buah naga seringkali dikenal sebagai obat untuk penderita jantung. Sebenarnya ia tidak bisa mengobati penyakit jantung, namun ia bisa digunakan untuk mencegah dan menjaga kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan buah naga bisa membantu anda untuk menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada pada tubuh. Ia juga bisa menjadi salah satu sumbr lemak yang tidak jenuh sehingga sangat baik di konsumsi.

Baik untuk Pencernaan

Kandungan prebiotic yang ada di buah naga menjadi sebuah sumber makanan yang sangat baik untuk bakteri baik dimana letaknya adalah di usus. Bakteri yang dimaksud adalah Lactobacilli dan Bifidobacteria. Bakteri tersebut dikatakan sebagai bakteri baik karena ia memiliki manfaat yaitu untuk membunuh virus serta bakteri penyebab dari timbulnya penyakit. Jika anda mengonsumsi buah naga secara rutin maka ini bisa menjaga keseimbangan antara bakteri baik dengan bakteri jahat yang ada di usus anda. 

Melawan Diabetes 

Bagi anda yang ingin menjaga kadar gula darah agar tetap stabil, tentu buah naga bisa membantu anda. Khasiat buah naga dalam hal ini adalah bisa membantu anda untuk melakukan regenerasi sel pancreas yang rusak pada penderita diabetes. 

Memenuhi Kebutuhan Magnesium

Manusia membutuhkan magnesium yang di gunakan untuk melakukan pemecahan energi, pembentukan DNA serta kontraksi otot. Buah naga bisa membantu anda untuk memenuhi kebutuhan magenesium anda. Magnesium sendiri merupakan sebuah mineral yang sangat dibutuhkan bagi tubuh. 

Mengurangi Jerawat

Anda memiliki masalah jerawat? Buah naga selain bisa di konsumsi juga bisa digunakan untuk mengurangi jerawat loh. Caranya adalah dengan menggunakannya sebagai masker wajah. Berikut adalah tahap yang bisa anda lakukan:

  1. Hancurkan terlebih dahulu buah naga hingga berbentuk pasta (bisa di blender)
  2. Bersihkan dahulu wajah anda
  3. Oleskan buah naga pada daerah wajah yang terlihat kemerahan
  4. Diamkan beberapa saat dan bilaslah dengan bersih menggunakan air
  5. Lakukan ini secara rutin setiap dua hari sekali hingga radang mengalami pengurangan

Posting Komentar

0 Komentar