Ad Code

Resep Masakan Rica Ayam Kampung Jantan Muda Khas Jawa Tengah



Rica ayam kampung Jantan Muda adalah salah satu hidangan khas Jawa Tengah yang memiliki cita rasa pedas dan segar. Ayam kampung yang diolah dengan bumbu-bumbu yang khas menghasilkan hidangan yang lezat dan menggugah selera. 

Berikut ini adalah resep untuk membuat Rica Ayam Kampung Khas Jawa Tengah:


Bahan-bahan:

- 1 ekor ayam kampung jantan muda, dipresto hingga setengah empuk

Bumbu halus:

- 10 siung bawang merah

- 10 siung bawang putih

- Cabe rawit sesuai selera (4 cabe merah keriting)

- 4 batang sereh, dirajang halus

- 1 ruas kunyit

- 1 ruas jahe

Bumbu pelengkap:

- 4 lembar daun jeruk

- 2 lembar daun salam

- 1 ruas lengkuas

- 5 batang bawang daun

- 1 sachet ladaku

- Kecap manis, secukupnya

- Garam dan kaldu jamur secukupnya


Cara membuat:

1. Pertama-tama, presto ayam kampung jantan muda hingga setengah empuk. Jika tidak memiliki presto, bisa menggunakan panci tekan atau merebus ayam dalam air mendidih hingga empuk. Setelah itu, angkat dan tiriskan ayam.

2. Selanjutnya, haluskan bawang merah, bawang putih, cabe rawit, sereh, kunyit, dan jahe dengan menggunakan blender atau ulekan.

3. Panaskan sedikit minyak dalam wajan besar, kemudian tumis bumbu yang telah dihaluskan hingga harum dan matang.

4. Masukkan ayam kampung yang telah dipresto ke dalam wajan dan aduk rata dengan bumbu tumis. Pastikan ayam terbalut merata oleh bumbu.

5. Tambahkan daun jeruk, daun salam, lengkuas, bawang daun, dan sachet ladaku. Aduk kembali hingga semua bumbu tercampur merata.

6. Tuangkan air secukupnya ke dalam wajan hingga ayam terendam. Masak dengan api sedang hingga ayam empuk dan bumbu meresap, sekitar 30-40 menit. Jika diperlukan, tambahkan air secukupnya selama proses memasak.

7. Setelah ayam empuk dan bumbu meresap, tambahkan kecap manis sesuai selera, garam, dan kaldu jamur secukupnya. Aduk rata dan masak sebentar hingga bumbu tercampur merata.

8. Rica Ayam Kampung Khas Jawa Tengah siap disajikan. Hidangkan dengan nasi hangat dan pelengkap lainnya seperti irisan mentimun dan tomat.


Selamat mencoba resep Rica Ayam Kampung Khas Jawa Tengah ini di rumah. Semoga hidangan yang dihasilkan enak dan memanjakan lidah Anda serta keluarga. Selamat menikmati!

Posting Komentar

0 Komentar