Ad Code

Cara membuat pupuk kandang dari Kotoran Ayam

 



Kali ini jerami farm akan membahas mengenai pupuk lagi nih sobat. Ya benar kita akan membahas mengenai pupuk kandang. Pupuk kandang memiliki manfaat yang luar biasa lo untuk tanaman, dan fun fact nya pupuk kandang ini gampang sekali lo membuatnya dan bahan pembuatannya pun ada di sekitar kita.

Bersama jerami farm kita akan membahas mengenai bagaimana sih cara membuat pupuk kandang dari kotoran ayam, penasaran seperti apa? Yuk simak di bawah ini ya sobat.

Mengenal pupuk kandang

Pupuk Kandang merupakan pupuk yang dibuat dari kotoran hewan atau organik. pupuk kandang ternak besar kaya akan nitrogen dan mineral logam, seperti magnesium, kalium, dan kalsium. Bahkan pupuk kandang ayam memiliki kandungan fosfor yang lebih tinggi. Pupuk kandang memiliki segudang manfaat, salah satunya yakni untuk menyediakan unsur hara makro dan mikro untuk tanaman. 

Selain baik untuk tanaman, pupuk kandang juga dapat memperbaiki kondisi tanah yang kehilangan unsur haranya yang diserap tanaman. Ini berbeda dengan pupuk anorganik yang tak bisa memperbaiki tanah. Pupuk kandang dapat merangsang aktivitas biologi tanah, yakni kehidupan mikroorganisme yang dapat menggemburkan tanah. Pupuk kandang sangat aman digunakan untuk jangka panjang dengan penggunaan yang pas. Sayangnya, unsur hara yang terkandung dalam pupuk kandang ini sedikit sulit mencukupi kebutuhan tanaman. Sebab, ketersediaan unsur hara dipengaruhi oleh tingkat dekomposisi atau mineralisasi dari bahan-bahan tersebut.


Cara membuat pupuk kandang dari kotoran ayam

Membuat pupuk dari kotoran ayam cukup sederhana. Jika Anda memiliki ayam, Anda dapat menggunakannya dari kotoran ayam Anda sendiri. Jika Anda tidak memiliki ayam, Anda dapat membeli kotoran ayam dari peternak di sekitar anda. Nah berikut langkah-langkah dalam pembuatan pupuk kandangnya :

Bahan utama yang dibutuhkan dalam pembuatan pupuk kandang ini yang utama yakni tentu saja adalah kotoran ayam, jumlahnya bisa mengikuti ketersediaan bahan dan juga luasnya lahan pengelolaan. 

Kemudian Siapkan pula limbah pertanian untuk mengecek kadar air dalam kotoran ayam, karena kotoran ayam yang akan kita gunakan adalah kotoran ayam yang tidak terlalu banyak kandungan airnya atau yang sudah mengering. 

Bahan tambahan yang kita butuhkan adalah limbah pertanian berupa daun-daun kering, jerami, rumput, dan bekas pakan ternak organik. Sisihkan terlebih dahulu limbah pertanian, lalu cincang-cincang agar nantinya memudahkan proses pengomposan. 

Langkah selanjutnya adalah mencampurkan kotoran ayam yang sudah mengering dengan limbah pertanian dalam satu tempat. Aduk hingga keduanya rata dan menampilkan tekstur yang berbeda dari awalnya. 

Untuk mengetahui komposisi yang tepat antara kedua bahan ini, caranya adalah dengan menggunakan kadar air dalam kotoran bahan campuran tersebut. Ambil beberapa genggam, lalu peras dan perhatikan cairan yang mungkin menetes. Jika saat diperas bahan-bahan tersebut tidak mengeluarkan air, maka kotoran ayam petelur sudah siap diolah, dan komposisi bahannya sudah tepat.

Setelah bahan tercampur rata, tutuplah bahan-bahan mentah tersebut menggunakan terpal atau plastik hingga rapat. 

Selang 3 atau 7 hari berikutnya, Anda dapat membuka tutup terpal tersebut untuk mengaduk-aduk isi di dalamnya agar bahan-bahan tersebut mengalami proses oksigenasi dan meratakan proses pengomposan. Tutup kembali terpal seperti semula.

Proses pengomposan akan berlangsung selama 3 - 4 minggu ke depan. Pengomposan dinyatakan berhasil apabila pupuk tidak lagi mengeluarkan bau menyengat serta tekstur dan warnanya berubah.


Kelebihan Pupuk Kandang dari kotoran ayam

Nah ada beberapa kelebihan nih pupuk kandang dari kotoran ayam, apa aja ya? Yuk simak di bawah ini

Pupuk kandang dari kotoran ayam kaya akan 3 nutrisi penting yang dibutuhkan tanaman untuk masa pertumbuhan. Kandungan tersebut berupa Nitrogen, Fosfor, serta Kalium.Sifatnya lebih alami serta aman digunakan dari pada pupuk kimia yang berbahaya untuk lingkungan

Menjaga kelembapan akar tanaman sehingga proses pertumbuhan tanaman lebih stabil dan tahan terhadap hama

Menyuburkan dan memperbaiki kualitas tanah tanpa meninggalkan efek buruk dikemudian hari

Bahan kotoran ayam mudah diperoleh serta bisa juga dikombinasikan dengan bahan kompos lainnya

Tidak menimbulakan bau busuk dan tidak mencemari lingkungan


Nah itulah ulasan mengenai bagaimana cara membuat pupuk kandang dari kotoran ayam, semoga bermanfaat ya!

Posting Komentar

0 Komentar