Ad Code

5 Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan Berikut Jenisnya

 

Disaat musim hujan tiba seperti saat ini, maka kita harus menjaga kesehatan tubuh kita. Karena pada musim seperti ini bila kita tidak menjaga kesehatan kita, bisa bisa tumbang dan anda tidak dapat beraktivitas seperti sedia kala. Omong-omong tentang menjaga kesehatan, kali ini jerami farm akan memberikan ulasan mengenai manfaat jahe merah untuk kesehatan yang pastinya berguna untuk anda. 

Lantas apa saja manfaat jahe merah? yuk simak di bawah ini ya


Si merah yang kaya manfaat

Jahe merah (Zingiber officinale var. Rubrum) termasuk dalam famili Zingiberaceae. Varian jahe ini dikenal dengan warna merahnya yang berbeda dengan jahe biasa. Jahe merah juga disebut jahe sunti. 

Selain perbedaan warna, jahe merah memiliki aroma yang lebih tajam dan rasa yang lebih pedas dari jahe biasa. Tak bisa dipungkiri, tanaman rempah satu ini memang termasuk dalam suku temu-temuan (Zingiberaceae), sehingga tak heran jika memiliki bentuk rupa yang sangat mirip dengan berbagai rempah-rempah tersebut. Rempah ini berasal dari Asia Pasifik dan tersebar luas dari India sampai Cina, termasuk juga Indonesia. 

Di Indonesia ternyata tanaman obat ini memiliki bermacam-macam nama sesuai dengan daerahnya. Bahkan, memiliki penyebutan yang berbeda-beda di berbagai daerah. Hal tersebut menunjukkan bahwa rempah ini menyebar di seluruh wilayah di Indonesia. Jahe merah mengandung sejumlah senyawa yang berkhasiat untuk obat. Jahe merah mengandung beberapa zat da vitamin seperti Vitamin B2, B3 dan B6, serta B9 (folat), Vitamin C, Zat besi, Kalium, Magnesium, Fosfor, Zinc Bau dan khas jahe ini juga muncul karena campuran minyak atsiri yang terkandung di dalamnya, juga shogaol dan gingerol-nya. 

Minyak esensial yang terkandung pada jahe tersebut diduga lebih tinggi dibandingkan jahe putih. Lantas apa saja ya manfat dari jahe merah ini? berikut ulasannya


Manfaat Jahe Merah

Menambah Stamina tubuh 

Manfaat jahe merah digunakan sebagai obat untuk menambah stamina (tonikum) dan untuk menghilangkan nyeri otot. Jahe dapat membantu mengurangi tingkat tekanan darah dan meningkatkan aliran darah. Jahe juga memiliki sifat anti-inflamasi yang mungkin memiliki efek menguntungkan pada nyeri otot.


Meredakan Nyeri Haid

Mengkonsumsi jahe merah disebut bisa membantu mengatasi nyeri haid. Seperti yang diketahui, jahe memiliki sifat anti inflamasi alami yang efektif mengurangi rasa sakit. Maka dari itu, bahan alami yang satu ini disebut cocok untuk mengatasi nyeri perut saat datang bulan. Selain mengatasi nyeri otot, konsumsi jahe juga bisa membantu mengurangi pembengkakan dan membuat tubuh menjadi lebih nyaman karena efek menghangatkan yang dihasilkan. 

Namun perlu diketahui, meskipun memiliki manfaat untuk mengatasi nyeri haid, tetapi penggunaan jahe sebaiknya tidak dilakukan secara berlebihan. Konsumsi jahe secara berlebihan untuk mengatasi nyeri haid nyatanya bisa memicu berbagai efek samping. Jahe bisa saja menyebabkan seseorang mengalami efek berupa diare, gangguan pencernaan, atau heartburn alias rasa perih di area dada dan perut.


Menurunkan Glukosa darah dan kolesterol

Menurut jurnal dalam US National Library of Medicine National Institutes of Health - mengenai khasiat jahe, rutin mengonsumsi jahe juga bisa menurunkan glukosa darah secara signifikan. Tak cuma itu, konsumsi jahe secara rutin juga bisa menurunkan kolesterol LDL (lemak jahat), trigliserida, sekaligus meningkatkan HLD (lemak baik).


Menjaga Kesuburan

Konsumsi jahe merah dapat membantu untuk menjaga kesuburan karena kandungan arginin di dalamnya. Arginin membantu tubuh memproduksi nitrat oksida yang meningkatkan aliran darah ke alat kelamin dan ovarium. Beberapa penelitian kecil menunjukkan bahwa arginin dapat meningkatkan kesuburan dan kualitas sel telur (ovum) dengan meningkatkan sirkulasi sehingga tubuh mendapatkan nutrisi dan oksigen yang dibutuhkan untuk pematangan sel telur.


Mampu Meredakan Gejala Batuk dan Sakit Tenggorokan

Manfaat jahe untuk kesehatan selanjutnya adalah untuk meredakan gejala batuk dan sakit tenggorokan. Dengan memiliki sensasi hangat saat dikonsumsi, jahe merah sering dijadikan pilihan saat mengalami gejala sakit tenggorokan atau batuk. Akan tetapi, sebenarnya yang menjadi alasan mengapa jahe merah banyak dijadikan penawar untuk batuk atau peradangan di tenggorokan adalah kandungan flavonoidnya. Secara umum, kandungan flavonoid pada jahe merah memiliki sifat anti peradangan. Jadi, tak hanya untuk meredakan gejala batuk-batuk, jahe merah juga efektif untuk menyembuhkan gejala sakit tenggorokan, terutama radang tenggorokan.


Itulah ulasan mengenai beragam manfaat yang dapat anda peroleh dari si jahe merah ini, yuk kita muali konsumsi jahe merah untuk kesehatan kita. 

Posting Komentar

0 Komentar