Ad Code

Cara Membuat Pupuk NPK di Rumah



Bagi anda yang gemar bercocok tanam, anda pasti sudah tidak asing lagi dengan salah satu jenis pupuk yaitu pupuk NPK. Pupuk NPK bisa menjadi sebuah kewajiban ketika hendak menanam jenis tanaman tertentu. Biasanya, NPK bisa sangat mudah di temukan di toko alat atau bahan pertanian. 

Namun, bagi anda yang hendak mengirit budget, anda juga bisa loh membuat pupuk NPK sendiri di rumah. Ingin tahu cara membuat pupuk NPK di rumah? Yuk, simak ulasan berikut!

Tentang Pupuk NPK

Salah satu jenis pupuk yang terkenal akan manfaat serta khasiat dan dikatakan terjamin untuk tanaman adalah pupul NPK. Pemberian nama pupuk NPK tidak terlepas dari unsur pembentuknya yaitu Nitrogen, Fosfat serta Kalium. 

Adapun presentasenya biasanya 16%:16%:16%. Presentase tersebut digunakan pada pupuk NPK 16-16-16. Pupuk ini dikenal ampuh untuk bagian dari pengolahan tanah untuk menanam tanaman cabai, sebagai pemenuhan syarat tanah yang akan digunakan untuk menanam tanaman obat serta banyak sekali berhasil untuk kegiatan penanaman lainnya. Hal ini ternyata tidak hanya disebabkan oleh kandungan Nitrogen, Fosfat serta Kalium saja melainkan ada unsur pendamping lainnya seperti kadar Kalsium serta Magnesium. 

Manfaat Pupuk NPK

Pupuk NPK hampir selalu ada di setiap kegiatan penanaman, lalu apakah yang membuatnya begitu di butuhkan? Benarkah manfaatnya begitu besar? Berikut ini adalah beberapa bentuk manfaat yang akan di peroleh jika anda menggunakan pupuk NPK sesuai dengan takaran dan penggunaan yang tepat:

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa pupuk NPK memiliki 5 jenis unsur hara yaitu Nitrogen, Fosfat, Kalium, Kalsium dan Magnesium. Adanya kelima jenis unsur tersebut ternyata sangat sakti untuk bisa membuat tanaman anda menjadi lebih subur dibandingkan biasanya. 

Pupuk ini bisa mempengaruhi komposisi unsur hara mikro dan makro pada tanah sehingga lebih stabil.

  1. Hasil panen melimpah dan berkualitas.
  2. Memiliki sifat higroskopis.
  3. Tanaman menjadi lebih kebal.

Cara Membuat Pupuk NPK

Inilah bagian yang ditunggu-tunggu yaitu mengetahui cara membuat pupuk NPK di rumah. Simak dan ikuti tahap berikut ini ya!

Kumpulkan Bahan Baku

Pupuk NPK atau yang disebut pupuk mutiara ini bisa dibuat dengan menggunakan racikan yang pas serta bahan yang berkualitas. 

Dalam pembuatan pupuk NPK ini bisa dikatakan kita hanya perlu mencampur masing-masing pupuk tunggal menjadi pupuk NPK. 

Maka dari itu, hal pertama yang tentu harus dilakukan adalah mengumpulkan masing-masing pupuk tunggal. Beberapa diantaranya ialah pupuk tunggal yang mengandung urea, pupuk tunggal mengandung SP36 serta pupuk yang mengandung Kalium klorida. 

Untuk bisa menghasilkan pupuk NPK 100kg maka anda perlu untuk menyiapkan jumlah atau takaran masing-masing pupuk kurang lebih 50kg. 

Hitung Takaran Pencampuran Pupuk

Tahap kedua adalah tahap perhitungan yaitu anda harus menghitung takaran yang disesuaikan dengan jenis kandungan dari pupuk tunggal. 

Sebelumnya tentu anda harus memahami terlebih dahulu bagaimana presentasi yang harus digunakan. Unsur N bisa didapat dari pupuk urea, sedangkan Fosfat bisa didapat dari SP36 dan Kalium bisa didapat dari KCL. Untuk mendapatkan presentase yang pas dengan rasio 16-16-16 maka anda harus bisa mencampurnya secara rata. 

Untuk mendapatkan N di dalam Urea maka anda bisa mengambil 54%, sedangkan untuk fosfat adalah 36% pada SP36 dan Kalium sebanyak 45% dari KCL. 

Jika anda inggin menggunakan rasio 16-16-16 dengan jumlah pupuk sebanyak 100kg, maka tentu ada rumus tertentu yang harus anda ikuti dan perhitungan dengan akurat. Berikut adalah rumus yang harus anda catat:

Setiap jenis pupuk tunggal= (100:presentase kandungan unsur hara) x 16

(menggunakan satuan kg)


Informasi mengenai cara membuat pupuk NPK di rumah ini sangat sederhana bukan? Bagi anda yang membutuhkannya dengan segera, tunggu apa lagi? Langsung saja belanja pupuk tunggal dan ikuti langkah di atas ya. 

Sekarang anda bisa melakukan pencampuran pupuk NPK sediri di rumah bukan? Jangan lupa untuk selalu berikan yang terbaik untuk tanaman anda agar mereka juga bisa menghasilkan yang terbaik untuk anda. 

Posting Komentar

0 Komentar