Ad Code

Penderita Asam Urat, Hindari Makanan Berikut Ini

Asam urat, beberapa makanan serta hal-hal yang bisa dilakukan dan yang harus dihindari



Apakah  Anda merasakan merasakan nyeri di area persendian? Mungkin rasa nyeri tersebut bisa jadi merupakan ciri-ciri asam urat. Penyakit asam urat merupakan penyakit yang diakibatkan oleh tinngginya asam urat dalam darah yang dapat menyebabkan gejala nyeri yang tak tertahankan, pembengkakan, serta adanya rasa panas di area persendian. Adapun sendi yang paling sering terserang adalah lutut, pergelangan kaki,  jari kaki, serta jari tangan.

Asam urat ini terjadi karena banyaknya seseorang mengkonsumsi makanan yang mengandung purin dan kurang minum. Selain konsumsi makanan dengan kadar purin tinggi yang berlebihan, tingginya asam urat dalam darah juga disebabkan oleh hipertensi dan kegemukan/obesitas 

Pada dasarnya, asam urat adalah senyawa yang diproduksi oleh tubuh untuk mengurai purin. Dimana Purin merupakan zat alami yang memiliki berbagai fungsi penting diantaranya mengatur pertumbuhan sel hingga menyediakan energi. Yang mana ketika sudah tidak digunakan lagi oleh tubuh, asam urat akan dibuang melalui urine.

Namun, terkadang tubuh dapat menghasilkan terlalu banyak asam urat atau ginjal mengalami gangguan sehingga mengeluarkan terlalu sedikit asam urat. Ketika ini terjadi, asam urat dapat menumpuk, membentuk kristal urat tajam seperti jarum di sendi atau jaringan di sekitarnya yang menyebabkan rasa sakit, peradangan, dan pembengkakan.

Pada umumnya, pria lebih gampang terserang penyakit asam urat, dibanding wanita yang terdampak saat usia menopause, pria bisa terdampak ketika usia diatas 30 tahun. Asam urat yang tinggi dapat ditunjukkan oleh hasil cek laboratorium dengan kadar di atas 7,0 mg/dL pada pria dan di atas 6,7 mg/dL pada wanita.

Menurut organisasi kesehatan dunia (WHO) penderita radang sendi di Indonesia mencapai 81% dari populasi yang ada, dan hanya 24% yang pergi ke dokter sedangkan 71 % cendrung langsung mengonsumsi obat-obatan peredar nyeri yang di jual bebas. Ini berarti bahwa indonesia merupakan negara tertinggi dengan penderita radang sendi jika dibandingkan dengan negara Asia lainnya, seperti Hongkong, Singapura, Malaisya dan Taiwan.


Faktor yang dapat membuat peningkatan takaran asam urat

Terdapat berbagai faktor yang dapat membuat peningkatan takaran asam urat di dalam darah seseorang, antara lain:

1. Memiliki keluarga yang mengidap asam urat.

2. Mengalami cedera atau pembedahan.

3. Kerap mengkonsumsi makanan bersama dengan persentase purin tinggi, layaknya daging merah, jeroan fauna, dan lebih dari satu type hidangan bahari (Misalnya teri, sarden, kerang, atau tuna).

4. Sering mengkonsumsi minuman beralkohol dan minuman tinggi gula.

5. Mempunyai riwayat penyakit lain misalnya diabetes, gangguan sindrom metabolik, penyakit jantung, penyakit ginjal, penyakit tiroid, kolesterol tinggi, leukemia, kurang darah, sleep apnea, hipertensi, dan obesitas.

Bagaimana kalau asam urat kambuh?

Beberapa hal yang anda bisa lakukan ketika asam urat mulai kambuh selain meminum obat yang diberikan oleh dokter

1. Istirahat.

2. Angkat bagian tubuh yang mengalami rasa nyeri untuk mengurangi pembengkakan.

3. Kompres menggunakan es pada bagian sendi yang meradang selama sekitar 20 menit, ulangi sekira masih merasakan nyeri .


Langkah pencegahan penyakit asam urat

Apa saja yang musti dilakukan untuk mencegah penyakit asam urat?

1. Menjaga berat badan tetap ideal, serta menurunkan berat badan jika anda mengalami obesits atau kegemukan

2. Minum banyak air agar tidak dehidradasi serta menjaga ginjal agar berfungsi dengan baik

3. Olah raga teratur

4. Menghindari penggunaan obat-obatan tertentu. Misalnya seperti obat-obatan yang bersifat diuretik atau imunosupresan

5. Menerapkan pola makan sehat, serta konsumsi makanan seperti sayuran dan buah yang memiliki antioksidan tinggi

6. Hindari banyak mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandungan zat purin tinggi. seperti daging merah, minuman beralkohol, serta makanan dan minuman tinggi fruktosa

7. Berhenti merokok, jika anda seorang perokok


Makanan yang harus dihindari penderita asam urat

Berikut ini adalah makanan yang harus dihindari penderita asam urat

1. Jeroan

jeroan hewan merupakan makanan penyebab asam urat tinggi, kareana jeroan mengandung purin yang tinggi sehingga harus dihindari oleh penderita asam urat. Contoh dari jeroan hewan adalah hati, jantung, ampela. Selain itu, jeroan lain seperti otak, babat, limpa, usus, dan paru juga perlu Anda hindari. 

2. Minuman manis dan alkohol

Minuman kemasan yang manis dan minuman bersoda kebanyakan mengandung fruktosa yang dapat merangsang produksi asam urat tubuh menjadi lebih banyak yang  juga dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah. 

Minuman beralkohol dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh, terutama bir. Selain itu, bir juga dapat memperlambat  proses pembuangan asam urat melalui urine.

3. Makanan laut

Kerang, ikan teri, sarden, tuna, tiram, udang, lobster, serta kepiting merupakan sebagian makanan hasil laut yang harus dihindari bagi penderita asam urat.  Selain makanan tersebut juga perlu dihindari makanan olahannya seperti sarden, mackerel, herring . Dari semua jenis tersebut, ikan teri kering mengandung purin yang paling tinggi, yang mencapai 1.108,6 mg per 100 gram, sedangkan ikan sarden segar mengandung 210,4 mg purin.

Meskipun banyak makanan laut yang harus dihindari, Namun masih ada makanan laut yang masih bisa Anda konsumsi yang banyak mengandung nutrisi namun rendah akan kandungan purin, seperti ikan salmon, belut laut atau ikan gindara

4. Daging merah dan daging unggas

Sumber makanan berupa daging merah seperti daging Sapi, kambing, domba, dan juga daging unggas daging putih tertentu seperti daging entok, kalkun, angsa, burung puyuh, dan kelinci bisa menjadi penyebab asam urat. Dari makanan tersebut tergolong punya persentase kandungan purin menengah atau berada di atas 100 mg per 100 gram daging mentah.

5. Daging olahan

Selain menghidari makanan daging segar penderita asam urat juga harus memperhatikan makanan dari daging olahan seperti seperti salami atau ham juga merupakan makanan yang dapat pemicu kambuhnya asam urat.

Makanan daging olahan memiliki kandungan lemak jenuh yang cukup tinggi.  Mengonsumsi  makanan berlemak terlalu banyak dapat memicu kenaikan berat badan. Yang mana, ketika seseorang kelebihan berat badan atau obesitas, tubuh mereka menghasilkan lebih banyak insulin. Hal tersebut dapat mengganggu kerja ginjal untuk membuang asam urat, sehingga menumpuk dan mengendap hingga membentuk kristal di persendian.

6. Susu tinggi lemak

Susu tinggi lemak beserta produk olahannya seperti es krim dan keju juga merupakan makanan yang harus di batasi atau dihindari bagi penderita asam urat. Namun begitu bukan berarti dilarang dikunsumsi, yang harus di perhatikan adalah jumlah atau porsinya, terlebih bila Anda memang sudah memiliki kadar asam urat yang cukup tinggi sebelumnya.


Selain makanan yang musti dihindari ada beberapa makanan yang boleh dikonsumsi namun terbatas. Apabila terlalu banyak mengkonsumsi makanan-makanan ini juga dapat menyebabkan asam urat Anda menjadi kambuh.

Beberapa makanan mengandung purin yang masih bisa dinikmati namun terbatas diantaranya salmon, tuna, lobster, bayam, asparagus juga kacang-kacangan. Menurut penelitian yang dipublikasikan Asia Pacific journal of clinical nutrition, mengonsumsi produk dari kacang kedelai memang dapat meningkatkan kadar purin di dalam tubuh, tetapi sejauh ini tidak terbukti dapat mengembangkan penyakit asam urat.

Selain dari menghindari makanan diatas ada beberapa hal  yang Anda juga musti hindari. Diantara pantangan bagi penderita asam urat adalah malas gerak, dehidrasi (kekurangan cairan) dan meminum obat tanpa sepengetahuan dokter. 

Minum obat tertentu, seperti aspirin atau obat diuretik, adalah pantangan yang harus dihindari oleh orang dengan asam urat. Pasalnya, kedua obat ini dapat meningkatkan kadar asam urat.

Jika sakit Anda masih kambuh ada baiknya Anda memeriksakannya ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.


Sumber

https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/1729/penyakit-asam-urat

https://www.halodoc.com/kesehatan/penyakit-asam-urat

https://hellosehat.com/muskuloskeletal/radang-sendi/pengertian-asam-urat/

http://www.poltekkes-denpasar.ac.id/wp-content/uploads/2018/12/AE4.27.pdf

https://www.alodokter.com/kenali-makanan-penyebab-asam-urat-tinggi-hindari-jika-perlu

https://hellosehat.com/muskuloskeletal/radang-sendi/cek-asam-urat/

Posting Komentar

0 Komentar