Ad Code

Masih tidak mau sayur ini? banyak banget lho manfaat rebung bagi kesehatan



Manfaat rebung untuk kesehatan, JeramiFarm - Bagi sebagian besar masyarakat indonesia mungkin tidak asing dengan sayur rebung atau olahan lain dari rebung. Atau mungkin sudah pernah makan tetapi tidak tahu apakah itu rebung atau bukan. Banyak sekali olahan makan yang menggunakan rebung sebagai bahannya contoh saja lumpia, lodeh sup, dan lain sebagainya.

Sayuran dari tunas bambu ini mempunyai tekstur yang agak keras atau renyah,dan agak manis. 

Rebung mempunyai  banyak kandungan vitamin seperti vitamin A, B kompleks, E thiamin, riboflavin, niasin, asam folat dan juga asam pantotenat. Selain itu rebung juga mengandung mineral  diantaranya kalsium (Ca), fosfor (P), Kalium (K), Natrium (Na), Magnesium (Mg), seng (Zn), tembaga (Cu), mangan (Mn), Zat besi (Fe) dan selenium (se). 

Di dalamnya juga terkandung serat, karbohidrat, gula dan juga kaya akan anti oksidan.

Manfaat rebung untuk kesehatan

1.       Menurunkan kadar kolesterol

Kandungan serat dalam rebung dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah,sehingga dapat menurunkan resiko terkena serangan jantung.

2.       Mencegah penyakit kardiovaskular

Berkat kandungan nutrisi berupa serat, protein, anti oksidan dan juga kalium rebung dapat mencegah penyakit kardiovaskular seperti tekanan darah tinggi, jantung , dan juga stoke.

3.       Menyehatkan pencernaan.

Kandungan serat tinggi pada rebung dapat bermanfaat untuk menjaga dan melancarkan pencernaan, rebung juga mendukung pertumbuhan bakteri baik.

4.       Menjaga berat badan

Reung yang rendah kalori dan lemak serta banyak mengandung nutrisi yang di butuhkan tubuh sehingga baik di konsumsi saat melakukan program diet.

5.       Menghambat pertumbuhan sel kanker

Berkat kandungan anti oksidan yang tinggi pada rebung,di mungkinkan dapat menghambat sel kanker. Namun juga harus di imbangi dengan gaya hidup sehat.

6.       Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan nutrisi yang terdapat di dalam rebung diantaranya vitamin, mineral, protein dan anti oksidan baik untuk memperkuat daya tahan tubuh

7.       Merangsang nafsu makan

Rebung tinggi akan kandungan sesulosa yang dapat merangsang nafsu makan.

Itulah ulasan dari manfaat tunas bambu atau rebung. Nah bagaimana teman teman? Masih gak mau mengkonsumsi rebung? Selain harganya yang murah, namun yang paling penting adalah kandungan nutrisi dan mineralnya yang berlimpah. Semoga sehat selalu buat kalian dan semoga menjadi informasi yang bermanfaat. terimakasih 

Posting Komentar

1 Komentar