Ad Code

Mengenal Jenis Tanaman Obat Keluarga

 



Apa yang anda lakukan ketika merasa tidak enak badan? Minum obat? Wah sepertinya anda harus mulai nih menyetok tanaman  obat keluarga. Mengapa? Karena tubuh kita memiliki anti body untuk memerangi virus yang ada di tubuh kita, bila terlalu sering minum obat akan dikhawatirkan malah jadi kebal virusnya. 

Wah bahaya bukan? Bila yang anda rasakan tidak terlalu parah atau berat maka lebih baik dengan menyeduh wedang jahe atau bila anda sedang nyeri haid juga bisa dengan meminum kunir asam, semua itu termasuk tanaman toga lho. 

Lantas apa saja ya macam tanaman toga itu? bersama jerami farm kita akan mengenal jenis tanaman obat keluarga.


Apa itu tanaman obat keluarga?

Tanaman obat atau yang biasa kita istilahkan "apotek hidup" adalah jenis tanaman yang sebagian besar isi dari tanaman tersebut bermanfaat sebagai obat, bahan, atau pun sebagai ramuan / jamu. Bahkan ada pernyataan dari Kementerian Pertanian yaitu bahwa tanaman obat adalah tanaman yang bermanfaat untuk obat, kosmetik, atau untuk kondisi kesehatan lainnya. Tanaman obat atau apotek hidup dalam fungsinya sebagai pengobatan alternatif, ini meliputi bagian tanaman seperti daun, batang, buah, umbi, atau bahkan bagian akar. 

Badan Kesehatan Dunia (WHO) mendefinisikan obat herbal (medicine plants) sebagai tanaman yang dimanfaatkan untuk tujuan pengobatan dan sebagai bahan asli pembuatan obat herbal. 

Tanaman obat tradisional atau jamu memiliki berbagai efek pada sistem metabolisme tubuh manusia. Mulai dari memberikan efek analgesik, antioksidan, hingga antiradang. Maka dari itu, tak heran apabila banyak yang menggunakan bahan alami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan, seperti:

Demam,

Batuk,

Pilek,

Flu,

Sakit kepala,

Gangguan pencernaan,

Masalah kulit, hingga

Insomnia.

Tanaman obat juga dapat diolah untuk berbagai macam kebutuhan, seperti industri makanan atau minuman, bahan dasar pembuatan kosmetik, serta untuk industri spa tradisional.


Macam Tanaman Obat Keluarga

Nah berikut ini tanaman obat keluarga yang harus anda miliki dirumah anda, diantaranya:

  • Jahe (Zingiber officinale

Jahe adalah anggota suku Zingiberaceae. Merupakan tanaman herba semusim, tegak, tinggi 40-50 cm. 

Ada tiga jenis jahe yaitu gajah, emprit, dan merah. Jahe merupakan komoditas pertanian yang memiliki peluang dan prospek yang cukup baik untuk dikembangkan di Indonesia. Banyak dijajakan di penjual angkringan. 

Jahe mengandung minyak atsiri zingiberena, sehingga sangat bermanfaat bagi kesehatan. Khasiatnya untuk mengatasi batuk, membangkitkan nafsu makan, mulas, sakit kepala, dan perut kembung. Melihat manfaatnya yang besar, tentu jahe dapat dijadikan referensi jenis tanaman toga.


  • Kunyit (Curcuma longa).

Tanaman toga selanjutnya ialah kunyit. Kunyit merupakan tanaman perennial herbaceous dari keluarga Zingiberaceae yang berasal dari Asia Selatan dan memiliki bunga majemuk. Rimpangnya berwarna orange. 

Kunyit merupakan salah satu jenis tanaman toga yang mudah dipelihara di rumah. Manfaat kunyit bagi kesehatan ialah Meringankan radang usus buntu dan radang rahim, Air perasan kunyit, kuning telur, kapur sirih dapat menyembuhkan radang amandel. Air perasan kunyit, isi buah pinang, kapur sirih dan madu dapat meringankan asma. Meringankan sembelit, menggunakan air perasan rimpang dicampur dengan garam.


  • Temulawak (Curcuma xanthorrhiza)

Temulawak merupakan tanaman asli Indonesia dan masuk keluarga Zingiberaceae. Temulawak mudah untuk dibudidayakan di rumah sehingga menjadi jenis tanaman toga yang baik. Temulawak dapat mencapai tinggi sampai 2,5 m. Rimpangnya terdiri atas suatu rimpang induk berbentuk bulat telur dengan anak-anakan rimpang yang langsing panjang, berjumlah 3-4. Sebelah dalam berwarna kuning, pucat di pinggir, pusat kuning tua. 

Manfaat temulawak bagi kesehatan di antaranya: untuk sakit limpa, sakit ginjal, sakit pinggang, asma, sakit kepala, masuk angin, maag, sakit perut, produksi asi, nafsu makan, sembelit, sakit cangkrang, cacar air, sariawan, dan jerawat.


  • Kencur (Kaempferia galanga).

Tanaman rimpang milik keluarga Zingiberaceae. Kencur adalah tanaman bumbu sekaligus obat-obatan yang mudah dijumpai di rumah, sehingga kencur menjadi jenis tanaman toga dapat dijadikan bumbu dapur hingga obat herbal. 

Kencur merupakan tanaman rimpang yang dagingnya tidak berserat. Tanaman ini sering dibuat jamu beras kencur atau jamu cekok yang dijual oleh penjual jamu gendong. Secara ilmiah kencur merupakan tanaman obat terpenting karena khasiatnya sebagai ekspektoran, diuretika, dan stimulan. 

Manfaat kencur bagi kesehatan ialah sebagai pereda batuk, penyakit radang lambung, muntah, hingga demam.


  • Temu ireng (Curcuma aeruginosa)

Tanaman toga selanjutnya ialah temu ireng. Temu ireng merupakan suku Zingiberaceae yang dikenal sebagai tanaman obat tradisional. Temu ireng biasanya memiliki warna rimpang  biru kebiruan. Rasa daging rimpangnya pahit.

Rimpang tanaman ini biasanya digunakan sebagai obat batuk, asma, kudis, cacing, malaria, kurang segar segar sehabis melahirkan, serta sebagai obat penambah nafsu makan. Temu ireng juga dikenal obat penyembuhan luka pada kulit.


Demikian penjelasan mengenai tanaman toga ini, tetap jaga kesehatan ya dan sampai bertemu di artikel berikutnya.


Posting Komentar

0 Komentar