Ad Code

Agroedukasi Caping Merapi Wisata Agro Terbaik

 


Berkunjung ke Jogja maka tidak lengkap bila tidak mampir ke Agroedukasi caping yang berada di Ngemplak, Sleman, D.I.Yogyakarta. Agrowisata ini cocok sekali di gunakan sebagai wahana belajar bersama sehingga ketika anda dan rombongan datang ke lokasi ini, akan mendapatkan ilmu baru. Lantas apa saja sih yang ditawarkan di agroedukasi caping ini? Yuk simak ulasan di bawah ini ya


Mengenal definisi Agroedukasi

Agrowisata merupakan bentuk usaha bisnis di bidang pertanian dengan memanfaatkan kawasan pertanian (pertanian, perkebunan, kehutanan, perikanan, dan hortikultura) di tata secara teratur menjadi sebuah kawasan wisata dengan menggunakan sistem penjualan jasa kepada konsumen. 

Bentuk jasa tersebut dapat berupa keindahan, ketentraman, dan pendidikan. Pengembangan usaha agrowisata membutuhkan manajemen yang prima di antara sub sistem diantaranya, ketersediaan sarana dan prasarana wisata, objek yang dijual, promosi, dan pelayanan. Bisnis dalam pertanian tidak hanya dalam bidang agrowisata akan tetapi saat ini banyak dikembangkan agrowisata bersifat edukasi atau lebih dikenal dengan istilah agroedukasi. 

Agroedukasi merupakan salah satu potensi ekonomi kreatif pada sektor pertanian yang dapat memberikan dampak positif diantaranya tidak hanya berwisata akan tetapi memberikan nilai-nilai edukasi kepada pengunjung, dan meningkatkan nilai jual produk pertanian.


Mengintip Sejarah Agroedukasi Caping Merapi

Agroedukasi Caping merapi berdiri sejak tahun 2017 yang pada awalnya dikelola oleh 2 orang yakni Mashudi dan Panggih. Awal mula berdirinya tempat ini karena rasa kepedulian dari team yang melihat masyarakat sekitar mengkonsumsi makanan yang kurang sehat terutama sayur yang tidak segar, sehingga munculah ide untuk membuat wadah bersama yang befungsi sebagai tempat wisata dan juga sarana belajar untuk budidaya tanaman secara ramah lingkungan. 

Seiring berkembangnya waktu masyarakat mulai mengenal dan masuk kedalam dunia urban farming dan membuat Agroedukasi Caping merapi dikenal oleh banyak kalangan. 


Kegiatan di Agroedukasi Caping Merapi

Agroedukasi Caping Merapi memiliki 2 kegiatan yang dikenal yakni ada pertanian organik dan juga urban farming. 

kegiatan pertanian organik 

Kegiatan ini bersifat kunjungan edukatif tepatnya anda akan diajak berkunjung ke kebun sayur ramah lingkungan. kunjungan ini bertujuan untuk menyediakan inspirasi sumber makanan sehat untuk keluarga, memberikan kepastian akses produk pertanian alami dengan jaminan yang jelas, memfasilitasi, memberikan ilmu, dan memberikan sarana prasana untuk menerapkan urban farming dan bertani ramah lingkungan, meningkatkan inovasi olahan pasca panen menjadi produk yang bernilai jual, mengedukasi dalam hal pemanfaatan limbah rumah tangga untuk menerapka, urban farming dan pertanian ramah lingkungan serta mengedukasi tentang perkembangan dan inovasi teknologi pertanian. 

Adapun aktivitas yang dapat anda lakukan pada kegiatan ini seperti Keliling kebun sayur ramah lingkungan dan urban farming, Edukasi manfaat dan kegunaan sayuran/buah, Latar belakang bertani secara ramah lingkungan, Keunggulan bertani sacara ramah lingkungan, Edukasi pertanian organik dan potensi usaha agribisnis, Pengenalan budidaya sayur sehat atau ramah lingkungan dan Praktek membuat media tanam dan menanam.



Urban Farming

Nah kegiatan selanjutnya yakni pelatihan urban farming untuk anda. Ini bisa menjadi salah satu agenda anda dengan rombongan anda bila ingin belajar bertani ramah lingkungan lho. 

Tujuan dari urban farming ini untuk menyediakan inspirasi sumber makanan sehat untuk keluarga, memberikan kepastian akses produk pertanian alami dengan jaminan yang jelas, memfasilitasi, memberikan ilmu, dan memberikan sarana prasana untuk, menerapkan urban farming dan bertani ramah lingkungan, meningkatkan inovasi olahan pasca panen menjadi produk yang bernilai jual, mengedukasi dalam hal pemanfaatan limbah rumah tangga untuk menerapkan, urban farming dan pertanian ramah lingkungan., mengedukasi tentang perkembangan dan inovasi teknologi pertanian. 

Adapun kegiatan yang dapat anda lakukan bersama rombongan seperti keliling kebun urban farming dan sayur sehat, edukasi unsur-unsur yang terdapat dalam urban farming, pengenalan vertikultur

pengenalan akuaponik, pengenalan hidroponi, pengenalan tanaman yang cocok untuk urban farming, edukasi pemanfaatan limbah rumah tangga, edukasi pemanfaatan barang bekas untuk aplikasi urban farming. 


Nah itulah beberapa kegiatan yang dapat anda lakukan ketika berkunjung ke Agroedukasi caping ini, jangan lupa ajak keluarga, saudara, teman mu ya untu bermain kesini. 

Posting Komentar

0 Komentar