Ad Code

Jadi makanan khas Puasa Ramadhan, berikut adalah Manfaat buah Kurma



Bulan Ramadhan merupakan momen yang sangat dinantikan oleh umat muslim di seluruh dunia. Selama bulan ini, umat muslim berpuasa dari fajar hingga maghrib dan beribadah dengan lebih intens. Selain itu, bulan Ramadhan juga dikenal dengan makanan khasnya, yaitu kurma.

Ramadhan menjadi momentum penting bagi warga muslim untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan, serta kualitas dan kuantitas ibadah karena pahalanya yang berlipat ganda. Salah satu diantara kesunahan yang menjadi kesukaan masyarakat muslim adalah berbuka


عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ: كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُفْطِرُ قَبْلَ أَنْ يُصَلِّيَ عَلَى رُطَبَاتٍ، فَإِنْ لَمْ تَكُنْ رُطَبَاتٌ فَتُمَيْرَاتٌ، فَإِنْ لَمْ تَكُنْ تُمَيْرَاتٌ حَسَا حَسَوَاتٍ مِنْ مَاءٍ


“Dari Anas bin Malik, ia berkata : Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berbuka puasa sebelum shalat dengan ruthab (kurma basah),  jika tidak ada ruthab, maka beliau berbuka dengan tamr (kurma kering), dan jika tidak ada tamr, beliau meminum seteguk air"

Selain sunnah, mengkonsumsi buah kurma juga punya berbagai fadzilah


مَنْ تَصَبَّحَ بِسَبْعِ تَمَرَاتٍ عَجْوَةً لَمْ يَضُرَّهُ ذَلِكَ الْيَوْمَ سُمٌّ وَلاَ سِحْرٌ


Barangsiapa di pagi hari memakan tujuh butir kurma ajwa, maka ia tidak akan terkena racun dan sihir pada hari itu.


Dari Aisyah Radiyallahu anha, Rasulullah bersabda


إِنَّ فِي عَجْوَةِ الْعَالِيَةِ شِفَاءً، اَوْإنَّهَا تِرْيَاقٌ، أَوَّلَ الْبُكْرَةِ


“Sesungguhnya dalam kurma Ajwa yang berasal dari Aliyah arah kota Madinah di dataran tinggi dekat Nejed itu mengandung obat penawar atau ia merupakan obat penawar, dan ia merupakan obat penawar racun apabila dikonsumsi pada pagi hari”

Buah yang aslinya tumbuh di wilayah Timur Tengah dan Afrika Utara ini  telah menjadi makanan pokok selama ribuan tahun di wilayah tersebut dan menjadi bagian penting dari budaya dan tradisi. 

Selama ini, buah kurma digadang-gadang bisa menjadi sumber energi, khususnya untuk orang yang sedang dalam proses penyembuhan. Kurma mempunyai berbagai kandungan gizi yang bermanfaat bagi tubuh, Sebut saja karbohidrat, serat, protein, vitamin B6, besi, magnesium, dan kalium.

Manfaat kurma selama bulan Ramadhan sangatlah banyak. Berikut adalah beberapa manfaatnya:


1. Memberikan energi yang cukup

Saat berpuasa, tubuh membutuhkan energi yang cukup untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Kurma mengandung karbohidrat yang tinggi dan memiliki indeks glikemik rendah, sehingga memberikan energi yang cukup untuk tubuh dan membantu menghindari rasa lapar selama berpuasa.

2. Mengganti Elektrolit Tubuh yang Hilang

Kurma bisa membantu menggantikan elektrolit yang hilang layaknya air kelapa. Dengan kadar kalium yang tinggi, yaitu salah satu unsur elektrolit yang dibutuhkan tubuh, kurma juga bermanfaat untuk menguatkan tubuh sekaligus membangun otot-otot, sehingga dengan mengkonsumsi kurma saat berbuka bisa membuat badan menjadi fit kembali. 


3. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Kurma mengandung serat yang tinggi, yang dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan dan mencegah sembelit selama berpuasa. Serat juga membantu menjaga kesehatan usus dan memperlancar proses pencernaan.


4. Menjaga kesehatan jantung

Kurma mengandung potassium yang tinggi, yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Potassium membantu mengurangi tekanan darah dan meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh.


5. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kurma mengandung vitamin dan mineral yang penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan vitamin C dalam kurma membantu meningkatkan produksi sel darah putih, yang merupakan bagian penting dari sistem kekebalan tubuh.


6. Meningkatkan konsentrasi dan memori

Kurma mengandung zat besi yang penting untuk meningkatkan konsentrasi dan memori. Zat besi membantu membawa oksigen ke sel-sel otak dan meningkatkan fungsi kognitif.


7. Membantu Mencukupi Kebutuhan Gizi

Kurma mengandung berbagai macam vitamin dan mineral. Mulai dari vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin E, vitamin K, serta zat besi, kalsium, magnesium, dan kalium. 

Vitamin dan mineral termasuk mikronutrien. Artinya dibutuhkan tubuh dalam jumlah sedikit namun tetap penting bagi kesehatan.


8. Menjaga kesehatan kulit

Kurma mengandung antioksidan yang tinggi, seperti vitamin A dan vitamin E, yang membantu menjaga kesehatan kulit. Antioksidan membantu melindungi sel-sel kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan menjaga kulit tetap sehat dan terawat.


9. Meningkatkan kualitas tidur

Kurma mengandung tryptophan, yaitu asam amino yang dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Tryptophan membantu mengatur hormon melatonin yang membantu mengatur siklus tidur.


10. Mencegah Anemia

Mengkonsumsi kurma juga dapat membantu mencegah terjadinya anemia.

Tubuh akan tampak tidak mudah lelah dan pucat akibat anemia, dengan mengkonsumsi kurma secara rutin. Sebab, kandungan zat besi dalam buah ini dapat meningkatkan produksi sel darah merah.

Itulah beberapa manfaat kurma selama bulan Ramadhan. Tentu masih banyak manfaat lain dari buah kurma, baik pada masa puasa ataupun masa yang lainnya. 

Namun, perlu diingat bahwa konsumsi kurma sebaiknya tetap diimbangi dengan konsumsi makanan yang seimbang dan olahraga yang cukup agar tubuh tetap sehat dan bugar selama berpuasa.

Posting Komentar

0 Komentar