Ad Code

Manfaat Nasi Basi untuk Tanaman


Mengenal Berbagai Manfaat Nasi Basi Untuk Tanaman

Hallo sobat Jeramifarm! Siapa yang masih membuang-buang nasi sisa? Eitss, setelah memahami artikel ini jangan sampai nasi sisa yang anda miliki langsung di buang begitu saja ya. 

Karena ternyata nasi basi memiliki manfaat yang cukup baik untuk tanaman. Seperti apakah manfaat nasi basi untuk tanaman? Yuk, simak ulasan berikut!

Nasi Basi Untuk Apa?

Jika anda memiliki nasi yang sudah tidak di konsumsi lagi atau nasi basi, jangan pernah anda buang lagi. 

Karena ia bisa menjadi pupuk organic yang baik untuk tanaman. Kegunaan pupuk tersebut adalah untuk menyuburkan tanaman yang kita miliki. Tanaman membutuhkan tanah yang subur serta nutrisi lengkap agar pertumbuhannya semakin bagus. 

Dan ternyata nasi memiliki nutrisi penting yang cukup lengkap seperti terdapatnya karbohidrat, protein, mineral (besi atau Fe, fosfor atau P, mangan atau Mn, selenium, magnesium dan kalium) serta terdapat pula berbagai vitamin. 

Dengan berbagai kandungan yang dimiliki maka sudah selayaknya kita berusaha untuk memanfaatkan nasi basi ini dengan baik. Untuk mengambil manfaatnya, kita tidak bisa langsung menaburkan nasi pada tanaman. 

Adapun cara yang tepat untuk mengambil manfaatnya ialah dengan mengolah nasi basi tersebut menjadi MOL atau mikro organisme lokal terlebih dahulu. 

Baca juga : mamemancing jamur Trichoderma dengan nasi

Tentang MOL dan Manfaatnya

Sudahkah anda mengenal apa itu MOL? Mol merupakan sebuah kumpulan dari mikroorganisme yang telah di ternakkan dan ia bisa menjadi starter dari pembuatan pupuk kompos atau pupuk organik. 

Secara sederhana, mol bisa dikatakan sebagai bakteri yang dibuat sendiri dan memiliki manfaat untuk melakukan penyuburan tanah serta penguraian sampah organic menjadi kompos. Sedangkan untuk larutan MOL sendiri merupakan sebuah larutan hasil fermentasi yang memiliki bahan dasar dari hewan atau tumbuhan. 

Larutan ini biasanya mengandung unsur hara mikro serta unsur hara makro serta bakteri pembuatan POC atau pupuk organic cair, decomposer serta bisa menjadi pestisida organic untuk tanaman. 

MOL juga bisa mengandung hormone tumbuh contohnya adalah sitokinin, auksi serta giberelin. Hormon tumbuh tersebut memiliki funsi untuk merangsang pertumbuhan tanaman. 

Apa sajakah manfaat MOL lainnya? Berikut adalah beberapa manfaat MOL:

  1. Bisa memperbaiki sifat fisik, sifat kimia dan biologis tanah
  2. Mampu membantu menyehatkan tanaman, membantu menjaga kestabilan produksi tanaman serta meningkatkan produksi
  3. Membantu melakukan penambahan unsur hara tanah dengan dilakukan penyiraman MOL pada tanah atau tanaman
  4. Mampu membantu percepatan pembuatan kompos sampah organic maupun dari kotoran hewan

Cara Membuat MOL dari Nasi Basi

Lalu seperti apakah cara membuat MOL dari nasi basi? Berikut langkah-langkah yang bisa anda ikuti:

Sediakan tiga komponen penting berikut:

  1. Kabohidrat dari air cucian beras, nasi basi, kentang, gandum atau singkong
  2. Glukosa dari gula merah yang telah dicairkan, cairan gula pasir atau air kelapa
  3. Sumber bakterinya seperti buah busuk, bonggol pisang, sisa sayur atau buah hingga keong sawah yang telah di tumbuh. Anda bisa memanfaatkan bahan tidak terpakai yang tersedia di sekitar anda. 

Selanjutnya, persiapkan saja alat dan bahan pembuatan MOL dari nasi basi yaitu sarung tangan latex, wadah untuk nasi basi, ember ataupun baskom dan corong. Untuk bahannya, siapkan saja nasi basi, air (jika ada gunakan air hujan saja), dan molase dari tetes tebu, gula pasir atau cairan gula merah. 

Selanjutan gunakan sarung tangan dalam membuatnya dan masukkanlah nasi sisa ke dalam wadah. Simpan di tempat terbuka yang jauh dari jangkauan sinar matahari. Simpan hingga 3 atau 5 hari sampai adanya jamur Rhizopus oligosporus yang berwarna orange. 

Masukkan nasi ke dalam ember dan remas hingga sporanya menyebar ke seluruh bagian.

Tambahkan air dengan perbandingan 1:4 (1 bagian nasi dengan 4 bagian air). Aduk hingga rata. 

Berikan molase secukupnya, aduk hingga rata. Kemudian pindahkan cairan MOL ke botol air kemasan ¾ dengan bantuan corong. 

Simpan hingga 5 atau 7 hari sampai baunya menyengat seperti tape. 

Kemudian bukalah tutup botol setiap harinya agar gas yang di hasilkan bisa keluar. Kemudian kocok botolnya supaya nasi basi menjadi lebih hancur. 

Itulah ulasan mengenai manfaat nasi basi untuk tanaman. Bagaimana? Mudah bukan pembuatannya. Yuk, tunggu apa lagi? Lakukan di rumah yaa! 

Posting Komentar

0 Komentar