Ad Code

Mengenal Jenis-Jenis Ikan Konsumsi dan Cara Budidayanya

Salah satu peluang usaha yang cukup menjanjikan adalah melakukan budidaya ikan air tawar. Mengapa demikian? Hal ini karena jenis ikan air tawar cukup mudah untuk di budidaya serta pemanenannya tidak bergantung dengan musim. 

Berikut adalah beberapa jenis ikan konsumsi yang bisa anda pilih untuk menjadi peluang usaha budidaya perikanan:


1. Ikan Lele

budidaya ikan lele

Anda tentu tidak asing dengan jenis ikan konsumsi lele bukan? Ya, lele adalah jenis ikan yang sangat mudah kita temukan di pasar modern, pasar tradisional atau bahkan di warung sekalipun. 

Selain harga yang cukup terjangkau, dagingnya yang cukup gurih serta renyah ketika di goreng menjadikan jenis ikan ini banyak diminati. Sehingga banyak orang yang memilih untuk budidaya ikan lele karena memiliki banyak keuntungan dan tentunya mudah untuk di budidayakan. 

2. Ikan Gurame

budidaya ikan gurame

Gurame adalah salah satu jenis ikan konsmsi yang favorit karena memiliki daging yang cukup tebal serta gurih. 

Siapa yang tidak suka dengan jenis ikan ini? Bisa di katakan, ikan konsumsi yang satu ini menadi rajanya ikan konsumsi di pasaran. Mengapa demikian? Hal ini tentu karena harga ikan gurami yang di tawarkan di pasaran cukup tinggi. Ini menjadi hal yang sangat wajar mengingat masa pemeliharaan ikan gurame ini cukup lama yaitu hingga lebih dari 10 bulan. 

3. Ikan Gabus

ikan gabus


Jenis ikan konsumsi selanjutnya memiliki nama yang unik yaitu ikan gabus. Dulu, ikan gabus hanya bisa ditemukan di habitat aslinya. Penangkapan oleh masyarakat tentu melalui kegiatan memancing. 

Namun, seiring berjalannya waktu jenis ikan konsumsi yang satu ini memiliki jumlah yang menurun di alam sedangkan permintaan pasar terus meningkat. 

Bukan tanpa alasan, peningkatan permintaan ini tentu bukan hanya karena rasa ikan gabus yang enak akan tetapi jenis ikan ini juga memiliki banyak sekali khasiat. 

Bagi anda yang berminat untuk melakukan budidaya ikan gabus, tentu ini bisa menjadi peluang yang sangat bagus dan menguntungkan. 

Harga jual tinggi, permintaan pasar banyak sedangkan cara budidayanya cukup mudah. 

Jangan heran kalau anda bisa jadi kaya mendadak karena budidaya ikan gabus. 

4. Ikan Nila 

budidaya ikan nila

Selain jenis ikan lele, ikan nila juga menjadi jenis ikan konsumsi yang banyak di cari. 

Peminat ikan nila sangat tinggi karena daging ikannya yang tebal, gurih serta durinya yang sudah tertata di tengah. Hal ini tentu membuat penikmat ikan nila merasa senang karena tidak begitu susah memisahkan duri. 

Maka akan menjadi peluang yang menguntungkan pula jika anda memilih budidaya ikan nila. 


Teknik Awal Budidaya Ikan Konsumsi

Melakukan budidaya ikan konsumsi tentu memerlukan teknik tertentu yang harus anda pahami sebelumnya. 

Berikut adalah beberapa teknik budidaya yang harus anda pahami:

  • Tentang Wadah Budidaya

Pertama, anda harus menyiapkan wadah dan lokasi budidaya ikan. 

Anda perlu menyiapkan wadah dengan jenis ikan. Adapun wadah budidaya bisa berupa kolam, jarring apung atau keramba jaring apung. 

Untuk persiapan, anda bisa melakukan pengeringan, pemupukan, pengecekan saluran air hingga melakukan pemeriksaan kualitas air seta sanitasinya. 

  • Pemilihan Benih Ikan

Selanjutnya anda bisa memilih benih dengan ukuran tertentu. Untuk pemilihan benih ini anda bisa memilih benih yang sehat dan bergerak aktif sebagai tanda bahwa kondisi fisiknya normal. 

Anda juga bisa memilih berdasarkan kulit atau sisiknya yang bagus sebagai tanda bahwa ikan dalam kondisi yang prima.

  • Penebaran Benih

Proses selanjutnya adalah proses penebaran benih dimana anda perlu untuk melakukan perhitungan terkait kepadatan di tiap meter persegi dari wadah yang anda gunakan. 

Untuk kepadatan sendiri harus disesuaikan dengan jenis ikan serta sistem budidaya yang anda gunakan. 

Ada beberapa jenis sistem budidaya yaitu sistem ekstensif, intensif dan semi intensif. Untuk melakukan penebaran benih, anda bisa menggunakan waktu pagi atau sore hari. Hal ini untuk meminimalisir stress serta tingkat kematian yang tinggi. 

  • Pola Pemberian Pakan

Salah satu penentu keberhasilan budidaya ialah pemberian pakan yang cukup, waktu serta bagaimana cara pemberian pakan. Gunakanlah pakan yang baik dan aman, jangan pernah menggunakan bangkai sebagai makanan ikan supaya tidak ada efek negatif pada ikan. 

Sesuaikan pula ukuran dan jenis pakan dengan perkembangan si ikan. 

Itulah informasi yang bisa kami berikan seputar jenis ikan konsumsi dan cara budidayanya. Yuk, budidaya ikan konsumsi!

Posting Komentar

0 Komentar