Ad Code

Tomat ananas noire, tomat raksasa yang rasanya waw sekali

 


Tomat Ananas Noire adalah tomat beefsteak (berukuran besar), berciri khas ukurannya yang besar, buahnya tebal, lembut dan berbiji sedikit. Kulitnya tipis berubah menjadi merah keungu-gelap dengan bahu berwarna hijau, dan dagingnya memiliki pola corak merah muda, merah, hijau dan kuning yang khas. 

Rasanya enak dan manis dengan sedikit seperti nanas dan  tajam serta agak masammasam. Ananas Noire adalah varietas tomat yang tak dapat dielakan, yang berarti tanaman itu akan terus tumbuh secara vertikal dan tingginya bisa mencapai sekitar enam kaki. 

Tomat Ananas Noire muncul dari sepetak tomat nanas di belgia sebagai persilangan alami tomat nanas dan tomat hitam. Ini dikembangkan oleh hortikulturis belgia, Pascal Moreau, dan dilepas ke pasar pada tahun 2005. Ananas Noire konon menghasilkan buah yang baik di semua zona tanaman USDA, tetapi ingatlah bahwa tomat yang terlambat musim dan membutuhkan waktu hingga delapan puluh lima hari untuk menjadi matang dan berkembang setelah dicangkokkan. 

 Kapan bisa di panen? 

 Tomat Ananas Noire dapat di panen hingga sekitar 90 hari setelah tanam. Untuk hasil yang maksimal buahkan 1 buah per tandan. Dia bisa tumbuh di banyak iklim yang berbeda. Dalam 1 buah tomat Ananas bisa mencapai berat setengah kilogram. 

 Fakta terkini

Dari benih Ananas Noire yang diselamatkan akan berkembang biak dengan varietas yang sama ketika ditanam pada tahun berikutnya kecuali penyerbukan silang alami atau mutasi spontan terjadi. 

Menurutku ilmu botani, tomat, yang pada mulanya disebut Solanum lycopersicum oleh Carl Linnaeus, secara botani disebut sebagai licopersicon esculentum, tetapi penelitian modern menganjurkan pengembalian ke klasifikasi yang semula. 


 Nilai gizi

 Tomat kaya akan vitamin A dan C, yang penting bagi mata, kulit, tulang, dan gigi yang sehat, serta penuh dengan serat. 

Tomat juga dikenal mengandung senyawa lycopene antioksidan, yang dapat melindungi  dari kanker prostat dan penyakit jantung. 

Ia merupakan sumber yang baik untuk kalsium dan zat besi, serta vitamin B dan kalium, sehingga efektif dalam menurunkan kadar kolesterol dan menurunkan tekanan darah.

Cara penyajian tomat Ananas

Tomat Ananas Noire cocok untuk isian roti lapis dan burger, warnanya yang unik menjadikannya tambahan nelai estetika yang indah untuk salad segar atau sekedar di tampilkan di nampan sayuran. 

Cobalah Ananas Noire dalam salad yang ditumpuk, diiris memanjang dan berlapis dengan avokad dan mozzarella, atau menggunakannya untuk membuat saus tomat yang lezat. Tomat cocok dengan sayuran segar dan keju seperti susu, serta serai, minyak zaitun, telur, krim, kemiri, kacang pinus, nanas, seafood, atau daging dan daging panggang serta dipanggang. 

Seperti tomat lainnya, tomat Ananas Noire hendaknya disimpan pada suhu ruangan hinmgga matang dan setelah itu pendinginan dapat memperlambat pembusukan. Tomat Ananas Noire memiliki daging yang lembut dan berwarna krem, sehingga tidak awet dan harus segera digunakan setelah masa panen.

Cara menanam tomat Ananas agar memiliki buah besar

  1. Gunakan polibek / pot dengan ukuran besar, paling kurang ukuran 35. Makin besar polibag dan media tanam, makin berkembang akarnya dan kokoh batangnya.
  2. Beri nutrisi dan air yang cukup. Kalau matahari menyengat, bisa menghabiskan air 1 liter sehari, siram di pagi hari. Hindarilah pentepada sore hari atau menjelang malam karena akan mengundang jamur.
  3. Perawatan dari hama. Hama ulat sangat menyukai dan menempel di daun tomat. Kalau menanammu tidak terlalu banyak, ulat bisa di razia tiap hari. Namun ulat ini tidak hanya ngumpet di bagian daun atau batang ya, karena ada beberapa yang turun ke media tanam ketika matahari menjelang, karena ulat biasanya makan di malam hari.
  4. Untuk hasil yang maksimal, tanamlah 2-3 buah saja dalam satu batang untuk mencapai ukuran maksimal. Jangan maruk, karena jika dipelihara semuanya, buah tidak akan besar karena berebut unsur hara.
  5. Agar tanaman tidak patah karena keberatan, berikan ajir dan ikat tandan buahnya

Posting Komentar

0 Komentar