Ad Code

Daun kelor bisa jadi pupuk? yuk kita bikin pupuk organik dari daun kelor


padi dengan pupuk organik cair, jeramifarm

Pupuk organik cair dari daun kelor - Upaya pengurangan penggunaan pupuk kimia dapat dilakukan dengan pemberian pupuk organik yang dapat diolah dari bahan limbah alami baik dari tanaman ataupun hewan. Pupuk cair organik adalah pupuk yang  berasal dari hewan atau tumbuhan yang sudah di fermentasi dan berbentuk cair.

Kandungan nutrisi dari daun kelor tergolong lengkap, apalagi daun tersebut masih dalam keadaan segar. Kandungan nutrisi yang terkandung pada daun kelor meliputi karbohidrat 12,5 %, vimamin A, B1, B2, C, Calcium, Kalium, Protein dan mineral lainnya

Daun kelor juga kaya akan sitokinin, fenolik,  askorbat, zeatin dan mineral seperti Ca, K dan Fe yang dapat memicu pertumbuhan tanaman.  Hasil panen tanaman yang diberi pupuk cair dari daun kelor 20-35% lebih besar dari pada hasil panen tanaman yang tidak diberi pupuk cair daun kelor.

Manfaat daun kelor sangat banyak salah satunya dapat digunakan sebagai pupuk cair yang dapat merangsang laju pertumbuhan hormon sitokinin pada tanaman.

Bagaimana cara membuat pupuk organik cair dari daun kelor? berikut ini adalah prosesnya


Cara membuat pupuk organik dari daun kelor

Bahan bahan yang di gunakan

·  daun kelor segar 5 kg

·  air beras/ air leri 10 ltr

·  air gula jawa / molase atau tetes 2% dari bahan

·  air kelapa 10 liter

· bisa di tambahkan urine (di bahas di artikel lain)

·  atau bisa di tambah cangkang telur atau bahan lainnya

· Wadah penampungan (cari wadah yang bisa di tutup rapat)

Cara membuat:

· Haluskan atau hancurkan kelor terlebih dahulu menggunakan blender atau alat tumbuk, usahakan menghindari besi atau benda berkarat.

·  Masukan semua bahan dan aduk hingga merata.

· Tutup wadah penampungan hingga rapat, jangan sampai ada udara masuk (kebocoran akan sangat berpengaruh, akan tumbuh banyak belatung dan bau tidak sedap pada akhirnya)

· Aduk-aduk kembali bahan tersebut setiap hari pada pagi atau sore

· Tunggu hingga 2 sampai 3 minggu untuk dapat menggunkan pupuk cair dari daun kelor tersebut atau usahakan hingga pupuk benar benar sudah jadi, lebih lama akan lebih baik.

· Tutup kembali pupuk cair yang akan di gunakan berikutnya setelah mengambil pupuk cair yang di gunakan menyemprot.


Bagaimana cara menggunakan pupuk organik cair dari daun kelor?

Gunakan pupuk organik cair 5 hari sekali atau 7 hari sekali atau sesuai selera, namun yang perlu di perhatikan adalah jangan sampai over dosis untuk penggunaanya. Cukup gunakan pupuk organik cair sekitar 400 ml per tangki (16 liter). Gunakan pupuk cair organik dari daun kelor di masa vegetatif.

Posting Komentar

0 Komentar