Ad Code

Pupuk phonska dan manfaatnya

 


Suatu tanaman tidak akan bisa terlepas dari yang namanya pupuk, baik itu pupuk organik dan anorganik. Pada dasarnya pupuk adalah penambah nutrisi bagi tanaman, agar tanaman anda tumbuh dengan baik dan memiliki hasil yang maksimal. 

Seperti yang pernah kita bahas sebelumnya, pupuk merupakan zat tambahan yang berfungsi untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Selain itu juga pupuk memiliki fungsi untuk membantu menjaga kesuburan tanah, meningkatkan kualitas tanaman serta yang pasti meningkatkan hasil produksi. 

Nah ada beberapa jenis pupuk yang perlu anda tau yakni pupuk organik dan anorganik. Kali ini jerami farm akan membahas mengenai salah satu macam dari pupuk anorganik yakni pupuk phonska, seperti apa pupuk phonska dan apa saja manfaatnya? Yuk simak dibawah ini


Mengenal pupuk phonska

Pada artikel sebelumnya kita membahas mengenai macam pupuk anorganik, salah satunya yakni pupuk NPK. Sebenarnya ada hubungannya lho pupuk phonska ini dengan pupuk NPK. 

Pupuk phonksa adalah salah satu turunan dari pupuk NPK atau biasa disebut sebagai pupuk majemuk NPK yang terdiri dari unsur hara makro seperti nitrogen (N), phosphor (P), kalium (K) dan sulfur (S) dengan masing-masing persentase Nitrogen (N) ; 15%, Phosphat (P) ; 15%, Kalium (K) : 15%, Sulfur (S) ; 10% dan Kadar air maksimal : 2%. Disamping kandungan unsur hara di dalam pupuknya yang cukup lengkap, Pupuk phonska memiliki nilai jual di pasar yang rendah dan mudah dijangkau oleh banyak petani sehingga pupuk ini menjadi salah satu pupuk andalan bagi para petani. Pupuk ini banyak digunakan oleh petani padi, karena mampu meningkatkan hasil panen dan kualitas gabah. 

Tanaman padi yang dipupuk dengan pupuk ini menghasilkan bulir yang lebih berisi. Pupuk Phonska ini mulai diproduksi di awal tahun 2000 dan resmi dijual ke keseluruh Indonesia di bulan agustus tahun 2000. Pupuk phonska umumnya tersedia dalam 2 ukuran kemasan yaitu kemasan 20 kg dan kemasan 50 kg. 

Namun karena pupuk phonska  ini merupakan pupuk subsidi maka tidak dijual dipasaran secara umum. Jadi hanya petani yang sudah tergabung kelompok tani tertentu yang bisa membelinya.


Macam Pupuk Phonska

Nah ada yang perlu anda ketahui mengenai pupuk phonska ini, ternyata pupuk ini memiliki 2 jenis yakni Pupuk NPK Phonska 15-15-15 dan pupuk NPK Phonska Plus 15-15-15. Pada pupuk NPK Phonksa 15-15-15 memiliki komposisi kandungan hara pupuk NPK Phonska antara lain nitrogen 15 persen, fosfat 15 persen, kalium 15 persen dan sulfur 10 persen. 

NPK Phonska 15-15-15 berbentuk butiran atau granul berwarna merah jambu atau merah bata serta berukuran 1-4 milimeter yang bersifat higroskopis atau mudah larut, sehingga mudah diserap oleh akar tanaman. 

Sedangkan pada pupuk NPK Phonska plus 15-15-15 berbeda dengan pupuk NPK. Bentuk pupuk ini adalah butiran granul berwarna putih yang dapat larut dengan mudah di dalam air.


Manfaat pupuk phonska

Dengan berbagai kandungan unsur hara yang cukup lengkap dalam pupuk phonska membuat banyak manfaat yang akan ditimbulkan dari penggunaan pupuk ini, diantaranya:

  1. Memacu pertumbuhan vegetatif dan generatif
  2. Menguatkan batang tanaman sehingga tidak mudah roboh
  3. Memperlancar proses pembentukan gula dan pati
  4. Memacu pertumbuhan akar tanaman
  5. Membuat tanaman lebih hijau dan sehat
  6. Meningkatkan daya tahan tanaman terhadap kekeringan
  7. Meningkatkan daya tahan tanaman terhadap serangan penyakit
  8. Memacu pembentukan bunga dan buah
  9. Membantu memperbesar buah, umbi dan biji
  10. Meningkatkan kandungan protein

Keunggulan penggunaan pupuk phonska

Dari sekian banyak manfaat yang sudah disebutkan diatas, tentunya pupuk ini memiliki beragam keunggulan dong, seperti:

  • Mempunyai sifat higroskopis, sehingga bisa mudah terlarut dalam air
  • Termasuk jenis pupuk majemuk, sehingga kandungan unsur haranya sangat dibutuhkan oleh tanaman
  • Dapat mencegah adanya risiko keracunan pada tanaman
  • Memiliki kandungan unsur hara yang merata di setiap butirnya
  • Memiliki kandungan dari berbagai jenis unsur hara sehingga teknis pemupukannya lebih sederhana dan hemat tenaga

Nah itulah tadi beberapa uraian mengenai pupuk phonska untuk anda semoga bermanfaat ya!

Posting Komentar

0 Komentar