Ad Code

Kebakaran hutan di brasil diperkirakan membunuh 17 juta binatang


Di tengah-tengah keputusasaan pada tahun 2020, para ilmuwan di brasil menyimpulkan sebuah studi konservasi yang sangat suram — mencoba menghitung binatang-binatang yang tewas oleh kebakaran besar di rawa-rawa Pantanal.

 Mereka memperkirakan bahwa sebanyak 17 juta vertebrata — termasuk reptil, burung, dan primata — mati.

 Kebakaran hutan terbakar antara bulan januari dan November, menghancurkan 30% lahan basah tropis terbesar di dunia.

 Perkiraan kehilangan ini dimuat dalam jurnal Scientific Reports.

Dr Mariana Napolitano Ferreira, kepala sains di WWF-Brazil menjelaskan bahwa ada 22.000 kebakaran yang berbeda yang tercatat selama tahun itu.

 Penelitian baru ini menyoroti, kata para peneliti, pentingnya mencegah bencana semacam itu di masa depan.


 Pantanal memang membakar secara alami, tetapi kebakaran besar pada tahun 2020 adalah "apocalyptic", menurut Dr Alex Lees, seorang ekolog dari Manchester Metropolitan University yang telah bekerja secara luas di brasil tengah, termasuk di Pantanal.

 Mereka "sangat berbeda" bagi orang-orang di kawasan yang biasanya mengalami dan siklus khas pembakaran dan pemulihan, Dr. Lee menjelaskan.

 Kebakaran ini tidak biasa karena ukurannya dan jelas berkaitan dengan kekeringan besar yang [daerah itu] alami pada waktu itu.

 "Pantanal tidak dapat terus menyala hingga sejauh ini tahun demi tahun — keanekaragaman hayati tidak dapat pulih dari hal itu."

Dr Walfrido Moraes Tomas, seorang ahli ekologi dari institut penelitian Embrapa Pantanal di Brasilia, yang memimpin penelitian itu. Dia mengatakan kepada BBC bahwa dia dan timnya "tidak terkejut dengan angka ", mengingat skala geografis yang luas bencana.

 Apa yang mengejutkan dia, katanya, adalah bagaimana kelompok-kelompok tertentu lebih berdampak daripada yang lain.

 "Jumlah ular yang tewas dalam jumlah yang sangat banyak membuat kami bertanya-tanya tentang dampak cascade," jelasnya. "Ular biasanya predator pada mamalia kecil, katak. Dampak ini dapat mengakibatkan ketidakseimbangan yang tak terbayangkan dalam ekosistem."

Daerah rawa terletak di brasil, Paraguay dan Bolivia dan merupakan salah satu daerah yang paling beragam di dunia. Ribuan spesies termasuk jaguar, pemakan semut dan burung migran hidup di daerah 140.000-160.000 km2.

 WWF, Dr. Ferreira dari brasil, menjelaskan bahwa riset lapangan masih berlangsung. "Dampak langsungnya sangat mengejutkan," kata BBC News. "Tapi kita juga perlu memahami bagaimana ekosistem bisa pulih berminggu-minggu, berbulan-bulan dan bertahun-tahun setelah kebakaran."

Akibat dari perubahan iklim

 Para peneliti menunjukkan bahwa kebakaran besar yang lebih sering terjadi adalah "salah satu konsekuensi yang paling nyata dari perubahan iklim yang disebabkan oleh manusia ".

Namun, betapa pun buruknya kesimpulan studi ini, dengan meletakkan angka yang kuat pada skala bencana ini, menurut Dr. Tomas, dapat memperkuat upaya untuk mengembangkan "strategi dan kebijakan pengelolaan kebakaran yang tepat" di kawasan itu.

 Para ilmuwan lain telah menimbulkan keprihatinan tentang keakuratan perkiraan dalam penelitian ini. Ada margin besar untuk kesalahan dalam meramalkan dari beberapa ratus mayat tim dihitung sampai jumlah total hewan yang hilang.

 "Mereka mengadakan perhitungan di kawasan rawa-rawa terbesar di dunia, jadi [perhitungan itu] masih kasar," jelas Dr. Lee.

 "Tapi itu tidak akan mengejutkan saya jika itu adalah perkiraan taman bola — bisa jadi lebih. Akan ada ratusan juta makhluk hidup di sana."

 Dr. Ferreira menggambarkan bencana di Pantanal sebagai "pesan" untuk kemanusiaan.

 "Hal itu memperlihatkan kepada kita bahwa alam sedang menderita, tetapi kita juga menderita — karena kekurangan air bersih dan kekurangan makanan," katanya. "Kita perlu mengubah cara kita berinteraksi dengan alam jika kita ingin generasi masa depan hidup di dunia ini."

Penulis asli Victoria Gill, BBC News

Posting Komentar

0 Komentar