Ad Code

Arab Saudi dan China Bersama dalam Kerja Sama Keamanan Pangan, Sains, Energi, dan Investasi. Tak pedulikan Barat



Arab Saudi dan China akan bekerja sama dalam keamanan pangan, sains, investasi, dan energi, mempererat hubungan antara produsen minyak terbesar di dunia dan pelanggan utamanya ketika mereka memasuki era emas dalam hubungan bilateral.

"Kita akan memiliki peluang besar untuk mencapai swasembada [pangan] bagi kedua negara," kata Menteri Lingkungan Hidup, Air, dan Pertanian Arab Saudi, Abdulrahman Abdulmohsen A. Al-Fadley, dalam sebuah panel diskusi yang dimoderatori oleh Post di Konferensi Bisnis Arab-China ke-10 (ACBC) di Riyadh.

"Kita juga harus memanfaatkan sains," kata menteri tersebut. "Saat ini kita memiliki teknologi baru, jadi kedua negara harus bekerja sama untuk mengurangi biaya yang ada di pasar saat ini."

Komentarnya kemudian disuarakan oleh menteri Arab Saudi yang bertanggung jawab atas investasi dan energi. Menteri Investasi Arab Saudi, Khalid Al Falih, mengatakan bahwa kerajaan ini mengandalkan perjanjian perdagangan bebas yang akan segera tercapai antara China dan anggota Dewan Kerjasama Teluk (GCC) yang didominasi oleh Arab Saudi untuk membantu kawasan tersebut melakukan diversifikasi ekonomi mereka dari ketergantungan mereka pada bahan bakar fosil.

"Kita perlu memberdayakan industri kita untuk ekspor, jadi kita berharap semua negara yang bernegosiasi dengan kita untuk perjanjian perdagangan bebas tahu bahwa kita perlu melindungi industri baru dan sedang berkembang kita," kata Al-Falih kepada para hadirin yang termasuk wakil ketua Konferensi Konsultatif Politik Rakyat Tiongkok (CPPCC), Hu Chunhua.

Janji kerja sama yang lebih erat ini merupakan tema sentral yang muncul dari konferensi dua hari ini di ibu kota Arab Saudi, yang menarik lebih dari 3.500 delegasi dari 23 negara berbeda - termasuk 1.200 delegasi dari Tiongkok daratan saja - dari eksekutif bisnis, akademisi, dan pejabat pemerintah.

China adalah mitra perdagangan terbesar bagi negara-negara Arab, dengan volume perdagangan mencapai rekor US$430 miliar pada tahun 2022, kata Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Pangeran Faisal Bin Farhan, saat ia membuka konferensi pada hari Minggu. 

Arab Saudi sendiri menyumbang seperempat dari volume tersebut, dengan perdagangan bilateral naik 30 persen tahun lalu menjadi US$106,1 miliar.

Hubungan yang lebih erat antara China Dan Timur Tengah telah menimbulkan kekhawatiran di Washington DC dan ibu kota Eropa. Menteri minyak Arab Saudi bahkan mengatakan bahwa ia akan "mengabaikan" kecurigaan Barat terkait perbaikan hubungan antara kedua negara tersebut.

"Saya sebenarnya mengabaikannya karena ... sebagai seorang pengusaha, Anda pergi ke tempat di mana peluang datang," kata Menteri Energi Arab Saudi, Pangeran Abdulaziz bin Salman, seperti yang dikutip oleh Reuters. "Kita tidak perlu menghadapi pilihan yang berkaitan dengan (mengatakan) baik bersama kami atau bersama orang lain."

Perbaikan hubungan antara Riyadh dan Beijing berarti adanya kesepakatan nyata. Ventura patungan AS-China mengatakan akan membangun sebuah pabrik di Arab Saudi yang dapat menggunakan bakteri untuk mengubah metana menjadi pakan ternak dengan kapasitas lima kali lipat dari pilotnya di Chongqing, ketika para ilmuwan mencari solusi berbasis mikrobiologi untuk memastikan keamanan pangan.

Rencananya adalah membangun sebuah fermenter di kota industri Al Jubail, Arab Saudi, dengan kapasitas untuk menghasilkan 100.000 ton bahan pakan ternak pada tahun 2027, kata Pierre Casamatta, direktur utama Calysseo, sebuah perusahaan patungan antara Calysta yang berbasis di California dan Adisseo, anak perusahaan aditif pakan dari China National BlueStar.

"Menariknya, Anda memiliki logika yang persis sama di China dan Arab Saudi: China membutuhkan protein yang diproduksi secara lokal untuk pertanian berkelanjutan ... dan sekarang kita memiliki proyek besar di Arab Saudi [untuk] pabrik yang lebih besar," kata Casamatta dalam sebuah panel mengenai keamanan pangan di ACBC.

China dan Arab Saudi adalah importir pakan ternak yang besar, keduanya terkena dampak krisis pangan global yang disebabkan oleh perubahan iklim yang sedang berlangsung, serta guncangan pasokan akibat perang Rusia di Ukraina, yang merupakan eksportir biji-bijian utama di dunia.

Calysseo menggunakan teknologi dari pemegang sahamnya yang berbasis di AS, Calysta, untuk memproduksi pakan ternak menggunakan bahan protein "novel", yang lebih berkelanjutan daripada pakan konvensional karena tidak memerlukan hewan atau tanaman, kata Casamatta.

Saat ini perusahaan tersebut memiliki sebuah fermenter di kota metropolis Chongqing di Tiongkok bagian barat daya, dengan kapasitas produksi 20.000 ton pakan ternak bernama FeedKind per tahun. 

Casamatta mengatakan rencana perusahaan yang lebih besar di Arab Saudi akan menghasilkan produk yang ditujukan untuk pasar global, selain menjual protein kepada Tiongkok.

Pabrik yang lebih kecil di Tiongkok akan "membatasi risiko" dalam tahap awal pengembangan teknik gas menjadi pakan dalam produksi industri, tetapi dengan kebutuhan yang semakin meningkat dari perusahaan pertanian besar di Arab Saudi, kemungkinan perusahaan ini akan menjual "sepertiga dari produksi ini secara lokal," kata Casamatta."

Kita dapat menerapkan investasi yang bertanggung jawab ke negara pihak ketiga, dan manfaatnya tidak hanya akan dirasakan oleh negara tuan rumah, tetapi juga oleh Tiongkok dan Kerajaan Arab Saudi," kata perwakilan Arab Saudi dalam panel yang sama. "Investasi ini dapat meningkatkan produksi pertanian, sehingga berkontribusi pada keamanan pangan tidak hanya untuk Tiongkok dan Kerajaan, tetapi juga untuk seluruh dunia."

Sifat global dari keamanan pangan menekankan perlunya dunia bersatu untuk mengatasi masalah ini sebagai satu kesatuan yang terglobalisasi, kata Abdullah Al-Bader, CEO Al-Marai Company. 

Sumber: https://www.scmp.com/topics/food-and-agriculture

Posting Komentar

0 Komentar