Ad Code

Mengenal Tanaman Aglonema dan Jenisnya

 

Di masa pandemi seperti ini, memang lebih baik menghabiskan waktu dirumah saja. Atau mungkin bala jerami lagi work from home? Tentu jenuh juga ya, kerja atau cuma rebahan saja di rumah. 

Ada banyak kegiatan yang dapat di lakukan di rumah untuk mengusir suntuk atau mengisi waktu, Anda bisa mulai mencari kesibukan dengan berjualan online hingga ke berkebun lho. 


Kegiatan berkebun menjadi kegiatan yang mayoritas di lakukan oleh banyak orang, terutama berkebun pada tanaman hias. 

Setelah beberapa waktu yang lalu viral dengan tanaman hias janda bolong, kini ada lagi nih tanaman hias yang lagi trending dan banyak peminatnya, apalagi kalau bukan tanaman Aglonema atau yang sering dikenal dengan tanaman sri rejeki. Wah dari namanya saja sudah cantik ya, lantas apa saja ya jenis tanaman aglonema ini, yuk simak ulasan di bawah ini


Si cantik Aglonema

Aglonema adalah tanaman hias dari jenis talas-talasan yang berada di hutan hujan tropis.

nama “aglonema” diambil dari bahasa Yunani. Kata Aglo berarti terang dan Nema artinya benang. Di Indonesia, tanaman ini juga sering disebut sebagai tanaman sri rezeki. Tanaman ini memiliki akar serabut dengan batang tak berkambium. Bentuk daun dari sri rezeki menyirip dan tersusun atas pembuluh pengangkut yang acak. Saat ini bunga aglonema banyak dibudidayakan sebagai tanaman hias. Motif daun yang bercorak dengan warna yang menarik membuat orang senang memeliharanya. 


Jenis jenis Aglonema

Aglaonema Moonlight

Aglaonema Moonlight merupakan jenis aglaonema yang memiliki daun berwarna merah muda lembut di sekitar tulang daunnya. Diberi nama Moonlight lantaran tanaman ini terlihat menyerupai cahaya bulan ketika terkena sinar matahari. Harga Aglaonema Moonlight bervariasi, mulai dari Rp130.000 hingga Rp350.000, tergantung ukuran dan coraknya.

Aglaonema Bidadari

Daun dari Aglaonema Bidadari merupakan perpaduan dari warna kuning, merah muda atau pink, dan hijau. Lantaran warnanya berbeda dan lebih cantik dibandingkan dengan yang lain, tanaman ini disebut “Bidadari”. Harganya pun cenderung lebih mahal ketimbang aglaonema lainnya. Harga Aglaonema Bidadari mulai dari Rp300.000 hingga Rp600.000


Aglaonema Pride of Sumatera

Sesuai namanya, aglaonema jenis ini adalah jenis yang berasal dari Sumatera. Daunnya berwarna merah menyala disertai tulang daun berwarna pink dan tambahan bercak-bercak berwarna hijau gelap. Sri Rejeki satu ini merupakan bagian dari Aglaonema paling populer. Harganya mulai dari Rp100.000-Rp250.000


Aglaonema All Star Red

Tanaman Aglaonema All Star Red memiliki warna daun merah muda dengan tepi berwarna hijau tua. Disebut All Star Red lantaran hampir seluruh komponen daunnya berwarna merah. Dibandingkan dengan Sri Rejeki lainnya, All Star Red tergolong bandel, mudah dirawat, dan cocok dijadikan tanaman indoor. Harganya terbilang terjangkau, mulai dari Rp100.000-Rp200.000 


Aglaonema Cinta 

Disebut sebagai aglaonema cinta karena daun dari tanaman ini melengkung pada kedua pangkal menyerupai hati. Tanaman ini juga sangat cantik dengan cokrak yang unik dan warna yang mencolok. Biasanya tanaman ini disimpan pada ruangan untuk mempercantik ruang tamu. 


Aglaonema Suksom 

Sri rezeki yang satu ini juga dijual dengan harga yang tidak murah. Berbeda dengan jenis lainnya, aglaonema suksom ini tidak memiliki corak. Daunnya polos namun memiliki warna merah yang mencolok. Daun tanaman ini tidak memiliki banyak klorofil. 


Aglaonema Claudia 

Jika jenis suksom memiliki warna merah menyala, sri rezeki jenis claudia justru sebaiknya. Warna daun tanaman ini hijau pucat dengan tulang daun berwarna pink. Asalnya dari Thailand dan sama dengan aglonema lainnya, jenis ini juga banyak diburu bahkan saat masih bibit.


Bagaimana cara budidaya aglonema? 

Aglaonema dapat dibudidayakan dengan tiga metode yaitu cangkok, stek dan biji. Berikut ini adalah caranya. 

Cangkok 

Pilihlah induk dengan batang yang kokoh, pastikan sudah bewarna cokelat, kemudian kelupas batang hingga berwarna putih. Setelah itu, lapisi dengan tanah sekam, pasir malang, humus dan pakis dengan perbandingan 1:5:2:2. Terakhir bungkus dengan plastik dengan lubang untuk sirkulasi udara dan lubang untuk pengakaran. 

Stek 

Cara menanam aglonema dengan stek yaitu pertama pilih pucuk indukan dengan kriteria kokoh dan memiliki setidaknya 5 daun yang masih tersisa. Hal ini untuk menjaga tumbuhan tetap hidup walaupun sudah dipotong pucuknya. Kedua tanam hasil pucuk indukan yang dipilih pada media pot. 

Biji 

Cara menanam aglonema dengan biji yaitu pertama pilih biji dari induk yang sudah tua. Rendam bijinya 2 hingga 3 jam dan biji siap di tabur untuk di tanam.


Demikian penjelasan mengenai aglonema ini, bagaimana, tertarik bukan memulai menanamnya?. 

Posting Komentar

0 Komentar